Kompas.com - 03/01/2022, 12:42 WIB
Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor DOK. YIMMYamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

BOGOR, KOMPAS.comTerabasan adalah kegiatan berkendara dengan motor trail ke jalur off road yang beragam. Misalnya seperti menyusuri sungai, masuk ke hutan sampai melewati jalanan berlumpur dengan tanjakan dan turunan curam.

Olahraga ini disarankan tidak dilakukan sendirian. Mengingat banyaknya rintangan yang dilewati, ada saatnya pengendara butuh bantuan orang lain untuk bisa melewatinya.

Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy mengatakan, teman ketika terabasan bisa sangat membantu dan bukan hanya untuk melewati rintangan, tapi juga ketika motor mengalami masalah.

Baca juga: Lelang 2 Unit Kijang Innova Pelat Merah, Limit Mulai Rp 40 Jutaan

Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, BogorDOK. YIMM Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

“Kalau ban kita kempis atau pelek pecah, susah jika sendiri. Apalagi kalau motornya ditinggal, pasti sudah bersih, enggak bersisa (diambil),” ucap Arief di Sentul belum lama ini.

Arief menyarankan agar membawa teman ketika terabasan. Namun jika memang sendiri, pilih jalur terabasan yang banyak warung atau ramai, jadi bisa minta bantuan.

Baca juga: Sering Mencampur Bahan Bakar Beda Oktan pada Motor, Ini Akibatnya

“Misalnya di jalur Hambalang, beberapa titik di area yang susah dilalui, banyak penduduk banyak di situ. Mereka sudah biasa ngebantuin,” kata Arief.

Oleh karena itu, penting juga untuk hafal karakter jalan yang akan dilewati. Kemudian jika memang mau terabasan sendirian dan mengalami masalah, usahakan cari jalur yang ada sinyalnya agar bisa minta bantuan teman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.