Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Saat Musim Hujan

Kompas.com - 02/01/2022, 20:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM – Sebagian wilayah Indonesia masih kerap dilanda hujan lebat. Diperlukan persiapan yang ekstra bila berkendara saat hujan.

Mulai dari waspada pada kondisi jalan yang licin, hingga waspada pada pandangan karena akan penglihatan terbatas saat dilanda hujan.

Tidak hanya persiapan dari kondisi pengendara saja, namun kondisi mobil juga perlu pemeriksaan. Memeriksa komponen mobil saat musim hujan berguna untuk mengetahui kondisi mobil.

Baca juga: Waspada Ngantuk di Tol Trans Jawa, Wajib Istirahat Tiap 3 Jam

Umumnya, ada beberapa komponen yang alami permasalahan kala musim hujan. Oleh karena itu, memeriksa komponen-komponen ini adalah yang wajib rutin dilakukan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika ada enam komponen yang wajib dicek saat musim hujan.

“Kondisi ban, kondisi rem, kondisi mesin, wiper, air washer dan kelistrikan seperti lampu-lampu,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (2/1/2022).

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Ban adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan medan jalanan. Oleh karena itu selalu pastikan ban tidak dalam keadaan botak dan tekanan angin telah sesuai standar pabrikan.

Rem mobil juga wajib diperiksa secara berkala. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan memastikan kondisi kampas rem. Bila saat melakukan rem terdengar bunyi decitan, itu menjadi tanda kampas rem perlu diganti.

Baca juga: Bahayakah Karat di Piringan Cakram Mobil?

Sebagai komponen vital mobil, mesin mobil juga wajib diperiksa. Kabel listrik pada ruang mesin umumnya anti air, namun tidak menjadi alasan untuk tidak memeriksa mobil saat musim hujan.

“Pada komponen wiper, karet wiper harus prima untuk menyapu air di kaca dengan baik,” tutup Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com