Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Buruk yang Kerap Dilakukan Pengemudi Saat Road Trip

Kompas.com - 29/12/2021, 13:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), sebagaian masyarakat mungkin berencana bepergian dengan mobil pribadi atau road trip, baik di dalam kota maupun ke kota-kota disekitarnya.

Agar tetap aman dan nyaman selaman perjalanan, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam berkendara, khususnya sebelum dan saat melakukan road trip.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Malioboro Saat Malam Tahun Baru

“Maksud dari road trip yang aman di sini adalah mempersiapkan peralatan untuk kebutuhan kesehatan dan keselamatan. Kesehatan meliputi, P3K ditambah dengan obat-abatan ringan dan makan serta minuman ringan. Sementara keselamatan meliputi, apar, straper, senter, kabel jumper,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Tak kalah penting, pengemudi juga harus memperhatikan kondisinya ketika hendak berkendara jarak jauh. Mental dan kondisi kesehatan pengendara harus siap, sehat dan stabil agar fokus berkendara.

Tips mengemudi dalam kondisi hujan deras.Foto: Astra Peugeot Tips mengemudi dalam kondisi hujan deras.

“Kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengemudi ketika melakukan perjalanan jarak jauh adalah tidak mau istirahat secara berkala (memaksakan diri). Kalaupun istirahat yang mereka lakukan duduk, minum kopi atau ngerokok,” kata dia.

Menurut Sony, hal tersebut sudah baik untuk dilakukan, namun belum tepat. Sebab, pengemudi yang kelelahan setelah berkendara jarak jauh sebaiknya segera menepikan mobilnya dan istirahat (tidur) sejenak.

Baca juga: Merek Pelumas Ini Luncurkan Produk Cairan Radiator

Selain itu, pengemudi juga harus memperhatikan kecepatan kendaraannya. Pasalnya, karakter jalan tol yang lurus dan bebas hambatan kerap membuat pengemudi terlena dan memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi.

“Fungsi jalan tol memang untuk mempersingkat jarak dan waktu, tetapi bukan berarti disikapi dengan ngebut,” ucapnya.

Terakhir, penting bagi pengemudi dan penumpang untuk selalu menggunakan sabuk pengaman saat berkendara, guna meminimalisir risiko saat terjadi kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com