Malam Tahun Baru, Jalur Puncak-Cipanas Akan Ditutup Total

Kompas.com - 16/12/2021, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Cianjur akan memberlakukan penutupan jalur menuju kawasan Puncak-Cipanas jelang malam pergantian tahun sebagai upaya menekan mobilitas warga setempat maupun dari luar Cianjur.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan mengatakan, menjelang malam pergantian tahun,  jalur menuju kawasan tersebut akan ditutup pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB untuk mengantisipasi kemacetan.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Fungsi Minyak Kayu Putih buat Bodi Kendaraan

"Sebelum ditutup, kita masih memperbolehkan kendaraan dengan nopol (nomor polisi atau pelat nomor) genap untuk melintas. Namun setelah pukul 20.00 WIB, jalur menuju Puncak-Cipanas dari berbagai arah mulai dari Cianjur akan ditutup, baik untuk kendaraan bernopol Cianjur atau luar kota," kata Doni dilansir Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Menjelang tahun baru, polisi masih tetap memberlakukan ganjil genap bagi kendaraan dari luar kota dan diberlakukan pemeriksaan secara acak.

Petugas mengalihkan kendaraan yang hendak menuju Puncak di Bunderan Cepu 8 Cianjur, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021), sejurus adanya penutupan jalur Puncak hingga petang nanti.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Petugas mengalihkan kendaraan yang hendak menuju Puncak di Bunderan Cepu 8 Cianjur, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021), sejurus adanya penutupan jalur Puncak hingga petang nanti.

Bagi pengendara yang tidak dilengkapi surat keterangan vaksin atau barcode yang diunduh melalui aplikasi Pedulilindungi akan diputarbalikkan.

Adapun empat pos pemeriksaan akan didirikan di perbatasan Cianjur dengan Sukabumi, Bogor, Bandung Barat, dan Kabupaten Bogor, tepatnya di kawasan Jonggol.

Baca juga: Wajib Diingat, Jangan Nyalakan Hazard Saat Hujan Deras

"Kami berupaya maksimal agar mobilitas warga tetap dibatasi, sebagai upaya antisipasi kembali mencuatnya kasus Covid-19. Kami juga berharap pendatang dari luar kota, tetap mematuhi aturan dan melengkapi diri dengan surat keterangan sudah divaksinasi," katanya.

Sementara itu, kebijakan yang sama juga diambil oleh Bupati Bogor, Ade yasin. Ade mengatakan, akan melakukan penutupan Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada saat malam tahun baru.

Petugas melakukan penutupan jalan di Kota Bandung pada malam hari.ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung Petugas melakukan penutupan jalan di Kota Bandung pada malam hari.

Sebelumnya, penutupan jalan pada malam tahun baru juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor guna mengurangi mobilitas dan kerumunan masyarakat di kawasan puncak.

"Kita tutup karena biasanya tiap tahun juga sudah antisipasi. Jadi penutupan jalur Puncak berlaku seperti tahun sebelumnya," kata Ade.

Baca juga: Renovasi Sirkuit Sentul, Begini Perubahan pada Treknya

Namun untuk waktu dan durasi penutupan di jalur Puncak Bogor masih bersifat situasional dan tergantung kondisi di lapangan. Penutupan jalan akan diberlakukan baik bagi kendaraan maupun pejalan kaki guna mencegah terjadinya kerumunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.