Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Rekayasa Lalu Lintas Saat Pelaksanaan WSBK di Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika akan berlangsung 19-21 November 2021. Terkait diselenggarakannya acara tersebut, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

Rangkaian latihan bebas World Superbike Mandalika 2021 bakal melakoni balapan dari tiga kelas berbeda. Dimulai dari Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), World Supersport (WSSP), hingga WSBK.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, rekayasa lalu lintas dimaksudkan untuk mengatur parkir penonton di Sirkuit Mandalika.

“Untuk rekayasa lantas terutama untuk parkir, jadi para pengunjung yang datang dari arah bandara ini akan diarahkan ke parkir timur nantinya. Jadi tidak bisa langsung masuk ke sirkuit,” kata Aan dalam keterangan resmi, Jumat (19/11/2021).

Jenderal bintang satu itu mengatakan, lahan seluas 5 hektare telah disiapkan di parkit timur. Nantinya pengunjung akan menukarkan tiketnya ke panitia, lalu diberikan gelang.

“Kemudian naik shuttle bus menuju ke sirkuit. Negitu juga untuk sekat barat. Jadi ada dua tempat parkir, timur dan barat. Itu kita atur sedemikian rupa sehingga tidak crowded di sekitar sirkuit,” ucapnya.

Selain untuk pengunjung, Polisi juga menyiapkan gelang khusus untuk masyarakat yang bertempat tinggal di sekitaran Sirkuit Mandalika. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tetap bisa keluar masuk kawasan dan melakukan kativitasnya.

“Kemudian untuk contra flow maupun alih arus, itu situasional. Nanti pada saat pulang apabila arus ini padat akan diberlakukan one way menuju arah bandara. Begitu juga di sekat barat,” kata Aan.

Untuk penerapan di lapangan, Aan telah membagi jajarannya di lapangan menjadi statis dan mobile melaksanan patroli. Dia pun memastikan situasi hari ini berjalan kondusif dan masyarakat antusias.

“Ini sudah memasuki hari pertama, alhamdulillah ini sudah berjalan dengan baik. Masih ada sisa dua hari, dan masyarakat Lombok juga antusias untuk mendukung pelaksanaan superbike ini,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/20/113402715/begini-rekayasa-lalu-lintas-saat-pelaksanaan-wsbk-di-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke