Kompas.com - 19/11/2021, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sejak beberapa tahun silam menggunakan platform heartect yang disematkan pada beberapa model kendaraan kompaknya. Sebut saja, All New Eriga, Suzuki Ignis dan Suzuki Baleno.

Suzuki mengungkapkan, penggunakan platform ini memberikan beberapa keuntungan bagi kendaraannya. Salah satunya adalah bobot yang lebih ringan. Hal ini sejalan dengan tekadnya Suzuki untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan.

“Suzuki menggunakan konsep Kecil, Sedikit, Ringan, Pendek dan Rapi sebagai inisiatif untuk mengatasi masalah lingkungan. Suzuki ingin menciptakan kendaraan yang lebih rendah konsumsi bahan bakar dan bobot lebih ringan sehingga tercipta efisiensi secara berkesinambungan,” ucap Mahardian Ismadi Brata, Asst To Design Development, Engineering Administration & Homologation Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor.

Baca juga: Layanan Jual Mobil Bekas di GIIAS 2021 Diminati Pengunjung

Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.DOK. SIM/Bank Kanchanavilai Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.

Baca juga: FIF Group Jadi Penyumbang Terbesar Pembiayaan Sepeda Motor Indonesia

Secara sederhana, platform heartect yang digunakan adalah frame yang utuh, seperti yang disematkan pada Ertiga terbaru. Berbeda dengan platform sebelumnya yang dibuat secara tersegmentasi, bagian per bagian.

Akibatnya, pengunaan platform heartect ini meningkatkan kekakuan bodi bagian bawah. Bentuknya yang halus dan melengkung menyebarkan energi dengan lebih efisien ketika terjadi benturan.

Kelebihan lainnya, platform yang menjadi satu ini juga dapat mengurangi kebisingan dan getaran.

Platform Heartec juga diklaim 10 persen lebih rigid, pun bobot kendaraan secara keseluruhan lebih ringan hingga 15 persen, sehingga mampu peningkatan performa dapat terwujud secara optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.