Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2021, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Model baru dari Xpander dan Xpander Cross telah diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Selain mendapat ubahan pada tampilan dan fitur, mesin kedua produk ini mendapat ubahan dari sisi teknis.

Secara umum mesin yang digunakan masih sama, yakni unit berkode 4A91 1.500 cc MIVEC DOHC 16 Valve. Mesin ini menghasilkan tenaga 105 PS atau setara 103 tk dan torsi 141 Nm.

Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, mengatakan, tenaga yang dihasilkan mesin Xpander facelift ini masih sama dengan model sebelumnya.

Baca juga: Perang Harga LMPV Baru di GIIAS, Siapa Paling Murah?

Mitsubishi Xpander saat melaju di jalan bergelombang.KOMPAS.com/ADITYO WISNU Mitsubishi Xpander saat melaju di jalan bergelombang.

Namun Mitsubishi telah menambahkan fitur baru berupa Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang berfungsi mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

"Untuk menghasilkan emisi yang baik tentunya, walaupun kami menggunakan basis mesin yang sama. Tapi, ada sistem yang digunakan, yaitu EGR sehingga bisa memberikan efisiensi yang maksimal dan tingkat emisi yang baik," ujar Guntur, dalam konferensi pers (16/11/2021).

Menurutnya, fitur ini pula yang membuat Xpander lolos standar emisi Euro 4. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah dalam menekan emisi gas buang.

Baca juga: Adu Desain All New Avanza dan Xpander Facelift, Pilih Mana?

Setelah meluncur dua hari, harga resmi mobil baru Mitsubishi Xpander facelift diumumkan di GIIAS 2021.KOMPAS.com/Gilang Satria Setelah meluncur dua hari, harga resmi mobil baru Mitsubishi Xpander facelift diumumkan di GIIAS 2021.

Sebab, komponen tersebut, berfungsi untuk mengembalikan sebagian gas sisa pembakaran ke intake manifold.

Adapun, terkait dengan emisi gas buang kendaraannya tersebut, MMKSI telah mendaftarkan ke Kementerian Perhubungan untuk dilakukan uji emisi.

"Sampai saat ini, seluruh tipe Xpander sudah kami daftarkan pengujian emisi CO2-nya. Dan kami sedang menunggu antrean dari Kementerian Perhubungan, karena antrian panjang untuk uji emisi,” ucap Guntur.

“Kami berkeyakinan bahwa Xpander dan Xpander Cross dapat memberikan hasil yang optimal," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com