Ini Truk yang Dipakai untuk Bersihkan Trek Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 14/11/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi truk pembersih trek aspal WRMSIlustrasi truk pembersih trek aspal

MANDALIKA, KOMPAS.com - Ajang balap internasional World Superbike (WSBK) bakal digelar di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November mendatang.

Sejumlah upaya pun dilakukan guna menunjang gelaran kelas dunia tersebut, termasuk menyiapkan berbagai fasilitas dan kendaraan pendukung. Selain safety car, ada kendaraan unik yang berperan penting dalam optimalisasi trek sirkuit balap ini.

Kendaraan tersebut yakni truk pembersih lintasan. Truk pembersih berbasis penyemprot air memang umum digunakan untuk membersihkan jalan aspal dari material pengganggu seperti serpihan karet ban. Untuk urusan ini, Sirkuit Mandalika mengandalkan truk dari TrackJet.

Baca juga: Komentar Pengunjung yang Rela Antre untuk Datang ke GIIAS 2021

Dari video yang diunggah akun instagram @rmi_roadgrip belum lama ini, nampak truk Trackjet dilengkapi dengan alat semacam rel di bagian depannya sebagai piranti penggerak berbagai selang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Roadgrip Motorsport Indonesia (@rmi_roadgrip)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terdapat selang yang berfungsi untuk menyemprotkan air agar kotoran yang menempel pada aspal dapat terlepas. Tekanan air diatur sedemikian rupa agar tidak merusak konstruksi aspal yang dibersihkan.

Mengutip laman resmi TrackJet, Minggu (14/11/2021), kendaraan ini diklaim mampu menyemprotkan air dengan kekuatan hingga 2.500 bar dan hanya mengkonsumsi air sebanyak 1,7 meter kubik per jam.

Baca juga: Pakai Motor Custom, Jokowi Sulit Libas Karakter Tikungan di Sirkuit Mandalika

Dalam kondisi trek aspal normal, truk TrackJet membutuhkan air sebanyak 2,5 liter untuk membersihkan bidang seluas 1 meter persegi. Sementara untuk konsumsi bahan bakarnya, truk ini menghabiskan 4 liter solar tiap membersihkan bidang seluas 100 meter persegi.

Truk yang berasal dari Jerman ini diklaim mampu bekerja di segala kondisi cuaca dengan rentang suhu 2 derajat sampai 45 derajat celcius. Maka tidak heran TrackJet kerap jadi andalan di berbagai sirkuit internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.