Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Truk yang Dipakai untuk Bersihkan Trek Sirkuit Mandalika

MANDALIKA, KOMPAS.com - Ajang balap internasional World Superbike (WSBK) bakal digelar di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November mendatang.

Sejumlah upaya pun dilakukan guna menunjang gelaran kelas dunia tersebut, termasuk menyiapkan berbagai fasilitas dan kendaraan pendukung. Selain safety car, ada kendaraan unik yang berperan penting dalam optimalisasi trek sirkuit balap ini.

Kendaraan tersebut yakni truk pembersih lintasan. Truk pembersih berbasis penyemprot air memang umum digunakan untuk membersihkan jalan aspal dari material pengganggu seperti serpihan karet ban. Untuk urusan ini, Sirkuit Mandalika mengandalkan truk dari TrackJet.

Dari video yang diunggah akun instagram @rmi_roadgrip belum lama ini, nampak truk Trackjet dilengkapi dengan alat semacam rel di bagian depannya sebagai piranti penggerak berbagai selang.

Mengutip laman resmi TrackJet, Minggu (14/11/2021), kendaraan ini diklaim mampu menyemprotkan air dengan kekuatan hingga 2.500 bar dan hanya mengkonsumsi air sebanyak 1,7 meter kubik per jam.

Dalam kondisi trek aspal normal, truk TrackJet membutuhkan air sebanyak 2,5 liter untuk membersihkan bidang seluas 1 meter persegi. Sementara untuk konsumsi bahan bakarnya, truk ini menghabiskan 4 liter solar tiap membersihkan bidang seluas 100 meter persegi.

Truk yang berasal dari Jerman ini diklaim mampu bekerja di segala kondisi cuaca dengan rentang suhu 2 derajat sampai 45 derajat celcius. Maka tidak heran TrackJet kerap jadi andalan di berbagai sirkuit internasional.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/14/142100115/ini-truk-yang-dipakai-untuk-bersihkan-trek-sirkuit-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke