Kompas.com - 14/11/2021, 13:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran World Superbike akan segera diselenggarakan di Pertamina Mandalika Sirkuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat mulai 19-21 November 2021.

Untuk mendukung event tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kelancaran konektivitas antar moda transportasi untuk mendukung event World Superbike (WSBK) 2021 di Mandalika.

Baca juga: Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya MotoGP dan WSBK

Sejumlah fasilitas di sektor perhubungan telah disiapkan untuk menyukseskan penyelenggaraan WBSK 2021 di antaranya, manajemen rekayasa lalu lintas, meningkatkan fasilitas Bandara, pembangunan pelabuhan, menyiapkan Shuttle Bus untuk penonton, dan pemberian subsidi operasional angkutan antar moda dari dan ke kawasan wisata Mandalika.

“Acara ini telah dipersiapkan dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan terkait. Kami juga ingin memastikan konektivitas antarmoda transportasi untuk melancarkan mobilitas para peserta beserta tim official dan juga masyarakat yang akan hadir menonton,” kata Budi dilansir Kompas.com, Minggu (14/11/2021).

Sirkuit Mandalika Siap Gelar WSBK dan MotoGPKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Sirkuit Mandalika Siap Gelar WSBK dan MotoGP

Bukan hanya di area Sirkuit, Kementeran Perhubungan telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarasana transportasi untuk melancarkan pergerakan di Mandalika dan daerah sekitarnya.

“Kami telah menyediakan bus-bus dengan waktu tunggu 5 menit sampai 10 menit yang menghubungkan antara Mandalika, bandara Lombok, dan pelabuhan Gilimas, Kayangan, Bangka, dan Mataram, melalui skema Buy The Service,” jelasnya.

Baca juga: Komentar Pengunjung yang Rela Antre untuk Datang ke GIIAS 2021

Nantinya saat event WSBK digelar, tidak ada kendaraan pribadi yang melintas di area kegiatan untuk menghindari kepadatan dan penumpukan kendaraan.

“Kami sudah sediakan fasilitas bus-bus yang akan berkeliling di sejumlah titik di area penyelenggaraan acara,” kata dia.

Jelang WSBK Mandalika, Panitia Siapkan Alur Protokol Kesehatan untuk PenontonDok. ITDC Jelang WSBK Mandalika, Panitia Siapkan Alur Protokol Kesehatan untuk Penonton

Selain menyediakan bus, Kemenhub juga menyiapkan kapal cepat untuk melancarkan konektivitas antara Lombok dengan daerah sekitar seperti Padang Bai, Lembar, Sumbawa, dan Bali.

Baca juga: Pakai Motor Custom, Jokowi Sulit Libas Karakter Tikungan di Sirkuit Mandalika

“Kita harapkan penyelenggaraan event ini dapat berjalan dengan baik dan membawa manfaat positif bagi kemajuan Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata strategis nasional,” ucapnya.

Kemenhub bersama sejumlah pemangku kepentingan telah menggelar Tactical Floor Game (TFG) atau simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas di Kantor Kemenhub.
Melalui simulasi ini, diharapkan mobilitas pergerakan orang dan kendaraan pada saat event berlangsung dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman, tertib dan sehat, dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.