PPKM Makin Kecil, Volume Lalu Lintas di Tol Naik 63 Persen

Kompas.com - 09/11/2021, 07:02 WIB
Jalan Tol Jasa Marga Group Jasa Marga Jalan Tol Jasa Marga Group

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat volume lalu lintas di jalan tol saat ini naik drastis, seiring pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah.

Corporate Secretary Jasa Marga Reza Febriano mengatakan, berdasarkan histori realisasi volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) pada Oktober 2021 terjadi kenaikan sebesar 63,03 persen di seluruh ruas tol milik perseroan.

Peningkatan tersebut tercermin berdasarkan data jika dibandingkan dengan LHR pada masa Darurat bulan Juli 2021 lalu.

Baca juga: Rekondisi Kaki-kaki Mobil Bekas, Ini Estimasi Biaya Keluar

Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia Jasa Marga Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia

Sedangkan jika dibandingkan dengan masa PPKM Level 4 bulan Agustus 2021, kenaikan LHR tol Jasa Marga tercatat sebesar 25,23 persen pada Oktober 2021.

“Sementara itu, jika LHR Oktober 2021 dibanding dengan LHR September 2021 atau masa PPKM level 3 meningkat sebesar 6,64 persen,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (8/11/2021).

Ia menambahkan, ada angin segar ke depan dengan turunnya level PPKM di berbagai daerah serta melihat pergerakan mobilitas masyarakat sejak September 2021.

“Jasa Marga memproyeksikan hingga akhir tahun 2021 tren peningkatan lalu lintas masih terjadi di Jalan Tol Jasa Marga Group,” katanya.

Adapun tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi di bulan Oktober 2021 adalah sebagai berikut:

1. Jalan Tol Dalam Kota: 492.000 kendaraan per hari
2. Jalan Tol Jakarta – Cikampek: 450.000 kendaraan per hari
3. Jalan Tol Jagorawi: 394.000 kendaraan per hari

Baca juga: Mobil Alami Kecelakaan, Sopir Jangan Mementingkan Diri Sendiri

Jalan Tol Jasa Marga Jasa Marga Jalan Tol Jasa Marga

Guna mengantisipasi tren peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan.

Layanan tersebut termasuk di masa pandemi, dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal di jalan tol.

“Di antaranya yaitu, memastikan pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi hingga pelayanan konstruksi tetap optimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya,” kata Reza.

Tidak hanya itu, lanjut dia, Jasa Marga juga selalu meningkatkan pelayanan berbasis teknologi. Satu diantaranya, dengan melakukan pengembangan fitur Mobile Apps Travoy untuk cek saldo dan top-up uang elektronik, hingga menampilkan struk transaksi di jalan tol dalam bentuk digital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.