Gran Max Mendominasi Penjualan Daihatsu Sepanjang 2021

Kompas.com - 15/10/2021, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa adanya relaksasi PPnBM, pejualan mobil niaga ringan di Indonesia terus mengalami peningkatan di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu yang merasakan angin segar dari tingginya penyerapan segmen komersial adalah PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dengan Gran Max pikapnya.

Berdasarkan data, penjualan kendaraan niaga secara nasional hingga Agustus 2021, tumbuh signifikan per bulannya dengan rata-rata 26 persen dibandingkan periode yang sama 2020, khususnya di daerah penghasil komoditas, seperti kelapa sawit dan batu bara.

Baca juga: Tanpa Aturan Turunan Carbon Tax, Banderol LCGC Terancam Naik 15 Persen

Menurut Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain (CSVC) Division Head PT ADM, naiknya segmen komersial ikut mengairahkan permintaan Gran Max pikap yang per bulannya mencapai rata-rata 62 persen dibanding tahun lalu.

Gran MaxADM Gran Max

"Sampai September 2021, tercatat Gran Max pikap jadi model yang mendominasi penjualan Daihatsu, dan telah terjual sebanyak 28.205 unit atau berkontribusi 27 persen dari total penjualan Daihatsu keseluruhan yang lebih dari 3.000 unit tiap bulannya," kata Afny, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Jegal Avanza-Xenia dan Xpander Facelift, Suzuki Bakal Hadirkan Ertiga Varian Baru

Hal tersebut, menurut Afny menjadi pencapaian yang cukup baik, mengingat Gran Max dan segmen komersial bisa tumbuh dan alami peningkatan signifikan meski tanpa dukungan kebijakan dari pemerintah, layaknya relaksasi PPnBM.

Gran Max Pick UpKompas.com/Fathan Radityasani Gran Max Pick Up

Menariknya lagi, pencapaian Gran Max juga bisa menggeser posisi mobil murah ramah lingkungan 7 penumpangnya, yakni Sigra, yang lengser ke posisi kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.