Kompas.com - 04/10/2021, 07:42 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Sudah diketahui warga Depok bahwa terdapat wacana diterapkannya skema lalu lintas ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Oktober ini.

Polres Metro Depok juga telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk kendaraan pribadi yang tidak bisa melintasi Jalan Margonda Raya saat aturan tersebut mulai diterapkan nantinya.

Dalam keterangan resminya, Kasatlantas Polres Metro Depok AKBP Andi M Indra Waspada menjelaskan, bahwa masyarakat tidak perlu khawatir tidak dapat melintas saat penerapan aturan ganjil genap.

"Masyarakat tidak usah khawatir. Kita kan udah buatkan jalur alternatif juga. Kalau mau menuju Djuanda, itu kan ada jalur alternatif yang bisa kita lewatkan tuh. Jadi sudah kita antisipasi juga untuk jalur alternatif," ujar Andi, Minggu (3/10/2021).

Baca juga: Suzuki Saluto 125 Cocok buat Lawan Benelli Panarea dan Honda Scoopy

Ia pun menerangkan bahwa pihaknya akan menyiapkan rambu-rambu guna menghindari kemacetan yang terjadi di jalur alternatif sebagai imbas atas pemberlakuan ganjil genap.

Ilustrasi Jalan Margonda yang lengang.Tribunnews.com Ilustrasi Jalan Margonda yang lengang.

"Pertama rambu-rambu untuk jalur yang dilewati. Sehingga nanti masyarakat jelas apabila memang ternyata kendarannya tidak sesuai dengan jam ganjil genap maka mereka bisa lewat ke jalur yang sudah disiapkan," katanya melanjutkan.

Kebijakan membuka jalur alternatif ini diambil guna mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Margonda Raya. Dengan kata lain, hal tersebut merupakan upaya pengalihan arus lalu lintas agar kepadatan dapat terurai.

Baca juga: Pertamax Turbo Turun, Ini Perbandingan Harga BBM Pertamina dan Shell

Lebih detail, jalan alternatif yang telah disiapkan di beberapa titik antara lain adalah dari arah Lenteng Agung diarahkan belok kiri ke Jalan Komjen M Jasin. Sementara dari arah Jalan Komjen M Jasin diarahkan lurus ke Lenteng Agung.

Sedangkan dari arah Juanda diputar balik, dari exit tol diarahkan belok kiri ke arah Juanda. Untuk pengendara dari arah Jalan Arif Rahman Hakim diarahkan belok kanan ke Jalan Margonda Seg.1.

Sementara itu untuk pengendara dari arah Jalan Margonda Seg.1 dibelokkan ke Jalan Arif Rahman Hakim, dan dari arah Tol Kukusan dibelokkan ke Jalan Ir. H Juanda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.