Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Kemacetan, Polres Karanganyar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi lonjakan wisatawan saat akhir pekan, Satlantas Polres Karanganyar, Jawa Tengah akan menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Pembatasan mobilitas di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kabupaten Karanganyar tersebut, akan dilakukan pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 15.00.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Sarwoko mengatakan, pemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut bersifat selektif. Berpatokan pada kondisi arus lalu lintas di kawasan wisata seperti di wilayah Tawangmangu.

“Itu nanti selektif. Melihat situasi kondisi di Tawangmangu yang jadi patokan. Kalau masih kondusif tidak perlu, pengalihan arus tidak dilaksanakan,” ucap Sarwoko dikutip dari keterangan resmi, Kamis (9/9/2021).

Petugas nantinya akan ditempatkan di beberapa titik seperti simpang 4 Gerdu Karangpandan, simpang 3 Polsek Matesih, simpang Sumokado Tawangmangu, simpang 3 toko pojok dan simpang 4 BIP Tawangmangu.

Menurut Sarowoko, rekayasa lalu lintas ini dilakukan guna mengantisipasi adanya lonjakan volume kendaraan yang melintas di kawasan Tawangmangu seperti kepadatan yang terjadi saat akhir pekan lalu.

“Apabila memang terjadi lonjakan volume kendaraan di Tawangmangu, kendaraan dari arah barat atau Karanganyar Kota menuju ke timur melalui jalur utara akan dialihkan menuju ke jalur selatan atau jalur Matesih,” kata dia.

“Titik di simpang Gerdu bisa meng-cover yang mau ke Ngargoyoso dan Tawangmangu. Nanti di simpang tiga Polsek Matesih ditempatkan petugas,” lanjutnya.

Kendati demikian, ada pengecualian kendaraan yang dapat melintas apabila rekayasa lalu lintas tersebut diterapkan, seperti ambulans, serta mobilitas kegiatan darurat, dan warga lokal.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/10/074200715/antisipasi-kemacetan-polres-karanganyar-siapkan-rekayasa-lalu-lintas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke