Viral, Video Bocah di Bawah Umur Jadi Sopir Truk

Kompas.com - 10/09/2021, 07:22 WIB
Bocah parkir truk di jalan instagram.com/cctv.ponorogo_sektor.baratBocah parkir truk di jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang menunjukkan seorang bocah sedang memarkir truk dengan muatan penuh viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun instagram @cctv.ponorogo_sektor.barat. Dalam rekaman itu terlihat seorang bocah di bawah umur yang begitu lincah mengendari kendaraan yang bebannya berkali-kali lipat lebih berat dari tubuhnya. Bocah itupun sempat mengalami kesulitan saat hendak menginjak pedal rem.

Nahasnya, orang dewasa yang berada di sekitar lokasi dan melihat aksi bocah tersebut justru malah membantu bocah tersebut untuk parkir dan melaju. Bukannya menghentikan aksi berbahaya itu.

“Maju, maju, banting kanan,” ucap seorang wanita dalam video tersebut.

Belum diketahui secara pasti di mana kejadian tersebut terjadi. Namun, hal seperti ini tentu sangat disayangkan. Selain bisa membahayakan diri dan pengguna jalan lainnya, tentu saja secara umur, anak tersebut belum bisa memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca juga: PPKM Level 3, Diler Mitsubishi Mulai Beroperasi Normal

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kejadian anak kecil yang mengemudikan truk sebetulnya sudah banyak dan sejak lama terjadi. Menurut Sony, hal ini terjadi lantaran kurangnya pengawasan dari Dinas Perhubungan Darat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Selain itu juga ada kebodohan dari pengemudi utama karena menyerahkan tanggung jawabnnya kepada bocah tersebut,” ujar Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Kejadian seperti ini harus ditindak dan ditertibkan. Anak kecil tadi tentunya tidak memenuhi syarat kompetensi, usiannya masih di bawah 17 tahun yang artinya tidak punya SIM.

“Hard skill-nya terbatas karena belum memiliki jam terbang yang mumpuni. Apabila harus mengantisipasi, sering tidak maksimal. Selain hard skill, soft skill-nya juga pasti kurang,” kata Sony.

Sementara itu, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menambahkan, anak di bawah umur belum siap secara mental ketika membawa kendaraan. Sehingga, tidak sedikit yang mudah terbawa emosi sehingga melakukan tindakan yang justru bisa berbahaya bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.