Pasang Stiker Besar di Kaca Belakang, Pamer dan Berbahaya

Kompas.com - 09/09/2021, 18:01 WIB
Stiker di kaca belakang mobil ANEKAGAMBARSTIKER.BLOGSPOT.COMStiker di kaca belakang mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Memodifikasi mobil memang hak masing-masing pemilik kendaraan. Salah satu modifikasi yang kerap dilakukan adalah dengan memasang stiker.

Memasang stiker tidak perlu biaya yang mahal namun bisa sedikit mengubah penampilan mobil. Salah satu tempat yang sering jadi sasaran penempatan stiker adalah kaca belakang.

Kaca belakang punya kontur yang rata serta lebar dan besar. Pada bagian belakang ini juga sering ditempel stiker besar di bagian tengah, mulai dari merek motor gede terkenal sampai stiker kucing dengan wiper sebagai buntutnya.

Baca juga: Ini Daftar Harga SUV Murah per September 2021

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, penggunaan stiker besar kalau dilihat dari sisi keselamatan itu tidak boleh dilakukan. Stiker kecil tapi posisinya di tengah, atau jumlahnya banyak juga enggak aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sony menjelaskan, kaca kendaraan sengaja dibuat dari material yang tembus pandang agar pengemudi dapat melihat keluar kabin dengan luas atau maksimal. Jika ada stiker, tentu menghalangi pandangan ke belakang.

“Dengan kaca belakang, pengemudi bisa memposisikan kendaraan sesuai dengan lajur, lalu antisipasi dan berkomunikasi sebelum terjadi accident. Selain itu bisa juga membaca pergerakan di luar kabin secara jelas,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Ganjil Genap di Puncak dan Sentul Resmi Berlaku

Jadi kaca belakang, menurut Sony harus clear, tidak ada yang menghalangi. Mengingat kaca belakang adalah komponen penting dalam menunjang keselamatan berkendara.

“Ketika ada yang memasang stiker besar di kaca kendaraan, apalagi ukurannya besar, mereka mengabaikan keselamatan dengan menyiksa diri sendiri,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.