Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya di Jalan Raya, Anak Kecil yang Berlari

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan mobil di Indonesia sangat membutuhkan konsentrasi tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya bahaya yang bisa terjadi, salah satunya karena anak-anak yang berlari di pinggir jalan.

Sebuah video yang diunggah akun Dashcam Indonesia di Instagram memperlihatkan seorang anak kecil yang main selonong menyeberang. Beruntung pengemudi sigap dan langsung mengerem saat melihat anak tersebut ingin menyeberang.

Melihat kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, anak yang berlari di pinggir jalan merupakan risiko bahaya yang sering terjadi di Indonesia.

“Tata kota di Indonesia ini aneh, jalan banyak bercabang, rumah enggak berjarak dengan jalan, dan enggak ada area pedestrian yang aman. Jadi mengemudi di area pemukiman memang berisiko,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Ketika mengemudi di area pemukiman, pastikan jaga kecepatan di 20 kpj sampai 30 kpj. Sony menambahkan, jangan ragu untuk menggunakan klakson sebagai alat komunikasi yang memberi tahu kehadiran mobil ke anak-anak.

“Karena kalau nabrak atau menyerempet orang, bisa berujung masalah dengan hukum. Jadi selalu waspada dan mengontrol emosi agar tidak terburu-buru mengambil keputusan,” kata Sony.

Selanjutnya, selalu gerakan mata untuk melihat dengan luas ke area sekitar. Begitu juga dengan kaki yang siap menginjak rem saat melalui area yang kira-kira menjadi tempat keluar orang atau anak-anak.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/06/182100115/bahaya-di-jalan-raya-anak-kecil-yang-berlari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke