Begini Umumnya Skema Ganti Rugi jika Truk Mengalami Kecelakaan

Kompas.com - 16/08/2021, 15:12 WIB
Detik-detik Truk Pakan Ayam Terjun ke Laut di Pelabuhan Merak Dokumentasi KSKP MerakDetik-detik Truk Pakan Ayam Terjun ke Laut di Pelabuhan Merak

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kendaraan niaga pengangkut logistik seperti truk mengalami kecelakaan, timbul pertanyaan di sebagian masyarakat. Siapa yang nantinya akan menanggung kerugiannya?

Contohnya seperti peristiwa truk terjun bebas ke laut saat hendak masuk ke kapal di Dermaga 7 Pelabuhan Merak beberapa hari yang lalu. Kecelakaan tersebut terjadi akibat gangguan teknis dari truk terkait, bukan masalah kecerobohan pengemudi.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Wakil Ketua Bidang Angkutan Distribusi & Logistik DPD Aptrindo Jateng & DIY Agus Pratiknyo, mengatakan bahwa, dalam kasus seperti itu, pasti perusahaan tidak akan membebankan ganti rugi kepada pengemudi.

Baca juga: Hasil MotoGP Austria 2021: Seru! Binder Juara, Rossi Kedelapan

"Karena dalam kasus semacam itu sudah tidak mungkin sopir bohong, tapi karena murni kesalahan teknis. Itu pasti perusahaan akan menanggungnya (kerugian materiil), sopir tidak dibebani apa-apa," kata Agus kepada Kompas.com, Minggu (15/8/2021).

Truk fuso penuh muatan kaca yang terjungkal di sisi jalan lintas timur  Palembang-Ogan Ilir akibat menghindari tabrakan. Ratusan keping kaca pecah akibat kejadian ituKOMPAS.com/AMRIZA NURSATRIA Truk fuso penuh muatan kaca yang terjungkal di sisi jalan lintas timur Palembang-Ogan Ilir akibat menghindari tabrakan. Ratusan keping kaca pecah akibat kejadian itu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, Agus mengatakan skema ganti rugi kerusakan truk tergantung dari asuransinya. Biasanya tiap unit truk sebuah perusahaan telah diasuransikan demi keamanan.

Oleh sebab itu, asuransi umumnya akan menanggung kerusakan unit yang mengalami kecelakaan tersebut. Namun dengan catatan tertentu yang tercantum dalam klausul perjanjian.

Baca juga: Viral, Video Cekcok Warga Gara-gara Mobil Parkir di Pinggir Jalan

"Tapi untuk mengklaim asuransi tersebut tidak gampang. Panjang prosesnya untuk membuktikan. Pembuktian itu antara lain kelayakan kendaraan untuk jalan, dilihat dari uji KIR. Lalu ada atau tidak pelanggaran terhadap pasal lalu lintas," katanya lebih lanjut.

Dengan kata lain, truk dengan muatan over dimension over loading (ODOL) akan jadi dasar argumen bagi perusahaan asuransi untuk membatalkan ganti rugi.

Akibat Supir dalam keadaan mengantuk, kendaraan dump truk dengan nomor polisi B 9485 TYY terlibat kecelakaan tunggal di under pass Jalan Letjen Suprapto, Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (14/8/2021) dini hari. Satlantas Jakpus Akibat Supir dalam keadaan mengantuk, kendaraan dump truk dengan nomor polisi B 9485 TYY terlibat kecelakaan tunggal di under pass Jalan Letjen Suprapto, Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (14/8/2021) dini hari.

Jika suatu kecelakaan terbukti tidak berasal dari pelanggaran-pelanggaran tersebut, maka pihak perusahaan truk dengan asuransi tinggal melakukan perhitungan sesuai klausul pada perjanjian.

Baca juga: Harga Baru Daihatsu Terios di Solo, Jawa Tengah

Lantas jika kecelakaan yang terjadi menimbulkan kerugian pada pihak lain, maka penyelesaiannya akan berbeda. Contohnya seperti truk terguling di jalan tol hingga merusak pagar pembatas dan properti lain milik pengelola jalan tol.

Agus menyebutkan ganti rugi dalam hal tersebut tergantung pada hasil diskusi secara kekeluargaan oleh pihak pengemudi dan perusahaan. Sebab di Indonesia tidak ada penetapan standar pembagian ganti rugi oleh perusahaan dan pengemudi jika terjadi kecelakaan semacam itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.