Melihat Sejarah Vespa di Indonesia sejak Tahun 1950-an

Kompas.com - 04/08/2021, 13:21 WIB
Vespa hadir di Indonesia pada tahun 1950'an dan cepat populer di kalangan penggemar lifestyle saat itu. Foto: VespaVespa hadir di Indonesia pada tahun 1950'an dan cepat populer di kalangan penggemar lifestyle saat itu.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2021 merupakan tahun penting bagi Vespa. Tahun ini Vespa merayakan ulang tahun ke-75 dan merayakan pencapaian produksi lebih dari 19 juta unit.

Tak cuma secara global, sepak terjang merek skuter asal Italia ini juga punya sejarah panjang di Indonesia. Sejak tahun 50'an Vespa sudah dikenal oleh masyarakat.

Baca juga: Harga Skutik Murah Agustus 2021, Yamaha dan Suzuki Kerek Harga

Indonesia juga dikenal sebagai salah satu basis komunitas Vespa terbesar di dunia. Beberapa aliran termasuk Vespa Gembel bahkan muncul dan berkembang dari kreativitas lokal.

Berikut rangkuman sepak terjang Vespa di Indonesia yang disajikan beradasarkan rentang waktu.

1950-an

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merupakan era yang paling bersejarah bagi Vespa karena di era inilah Vespa lahir dan berkembang di Indonesia.

Kehadiran Vespa keluaran era ini masih menjadi primadona sampai saat ini. Hadir dengan bentuk unik, Vespa dianggap berkarakter dan revolusioner pada masanya.

Kontingan Garuda mendapat Vespa Kongo dari pemerintah RI saat itu.Foto: Vespa Kontingan Garuda mendapat Vespa Kongo dari pemerintah RI saat itu.

1960

Setelah dekade pertama sejak kelahirannya, Vespa semakin diterima dan popular. Di masa ini, Vespa disorot karena dipilih untuk menjadi simbol penghormatan terhadap Kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia.

Pemerintah Indonesia memberikan Vespa atas jasa Kontigen Garuda sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Kongo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.