Bikin Toyota Innova Punya Fitur Cruise Control, Siapkan Rp 1,9 Juta

Kompas.com - 28/07/2021, 13:39 WIB
Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova Diesel KompasOtomotifTanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova Diesel


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Innova Reborn merupakan salah satu Multi Purpose Vehicle (MPV) yang banyak diminati oleh pecinta otomotif.

Mobil ini dinilai sangat cocok dijadikan kendaraan untuk keluarga, sebab memiliki ruang kabin yang lega, serta nyaman digunakan sehari-hari maupun keluar kota.

Meski begitu, mengemudikan Toyota Innova Reborn belum tentu nyaman bagi sopir, apalagi saat berkendara jauh melintasi jalan tol. Pasalnya, mobil ini belum disematkan fitur cruise control.

Seperti diketahui, fitur cruise control memiliki fungsi utama, yaitu bisa membuat mobil melaju dengan kecepatan stabil, tanpa pengemudi menginjak pedal gas secara terus menerus.

Sehingga fitur ini dapat meringankan kerja pengemudi, karena bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat.

Baca juga: Hindari Pengemudi Agresif di Jalan Demi Keselamatan

Nah, bagi Anda yang ingin lebih nyaman dan rileks saat menyetir di tol, ternyata sudah bisa menambahkan fitur cruise control pada Toyota Innova Reborn.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Muhammad Bobby pemilik bengkel spesialis setir dan body part Bobby Spec Rare Item mengatakan, untuk Innova Reborn sebetulnya sudah support fitur cruise control, hanya saja pabrikan menyembunyikan fitur tersebut.

“Sebelumnya yang bisa pasang cruise control itu hanya Innova Reborn Diesel, tapi baru-baru ini kita coba mengulik lagi ternyata fitur tersebut bisa juga ditambahkan di Innova Reborn bensin,” ucap Bobby saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/7/2021).

Pengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi.Febri Ardani Pengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi.

Bobby menambahkan, pemasangan fitur cruise control pada Toyota Innova Reborn terbilang plug and play, sehingga tidak mengubah apapun.

“Pada dasarnya ECU dari mesin Innova Reborn sudah support fitur cruise control, makanya bisa dipasang. Hanya tinggal memasang beberapa modul saja,” kata Bobby.

Menyoal harga, pemasangan cruise control dipatok Rp 1,9 juta dengan durasi pemasangan hanya 30 menit saja.

Baca juga: Mengenal Kode Aki pada Sepeda Motor

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, penambahan fitur cruise control yang bersifat plug and play seharusnya tidak masalah.

Namun Didi menegaskan, jika ada kerusakan yang disebabkan pemasangan fitur tersebut maka garansi mobil bisa lenyap.

“Kalau dari Toyota Astra Motor tidak diperbolehkan untuk melakukan modifikasi yang dapat mengakibatkan garansinya gugur, apabila terjadi sesuatu terhadap penambahan fitur pada mobil,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.