Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Penyekatan, Lexus Pelat RFS Terguling di Senayan

Kompas.com - 25/07/2021, 07:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu unit mobil Lexus hitam mengalami kecelakaan lalu lintas di Bundaran Senayan, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (24/7/2021) malam.

Kecelakaan tersebut terjadi lantaran pengemudi mobil dengan nomor polisi B 2095 RFS itu kurang berhati-hati saat menghindari penyekatan PPKM di lokasi.

Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Robby Hefados mengatakan mobil yang dikendarai RU oleng ke kiri setelah menghindari penyekatan PPKM itu. Setelah itu, mobil tersebut menabrak pembatas jalur khusus sepeda.

Baca juga: Faktor Kebutuhan Bikin Travel Gelap Makin Ramai Saat Pandemi

“Saat tiba di TKP, tepatnya di dekat Gedung Kemenpan-RB, diduga kurang berhati-hati dan konsentrasi saat menghindari barikade penyekatan PPKM yang berada di depannya. Kemudian oleng ke kiri dan menabrak pembatas jalur sepeda yang berada di samping kirinya,” ujar Robby, Sabtu (24/7/2021).

Akibat insiden tersebut, bodi kanan mobil Lexus berwarna hitam terlihat rusak parah, kaca mobil pun juga terlihat pecah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Terkait kejadian ini, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengingatkan, akan pentingnya sikap defensif dalam berkendara. Pengemudi harus antisipasi segala kemungkinan terburuk di kondisi lalu lintas.

“Banyak kecelakaan yang terjadi diawali dengan pandangan mata. Misal kita melihat jalanan kosong, pasti kita mengira itu aman. Pengendara tidak pernah mengantisipasi kemungkinan terburuk,” ujar Jusri belum lama ini kepada Kompas.com.

Jusri mengungkapkan, pengemudi dapat menerapkan deteksi dini ancaman untuk menghindari kecelakaan. Ini dilakukan dengan fokus dan memperhatikan lingkungan di sekeliling kendaraan.

mobil kursus mengemudiKompas.com/Fathan Radityasani mobil kursus mengemudi

Baca juga: Tips Melintas di Persimpangan Jalan, Jangan Pernah Merasa Aman

Pengemudi dapat menilai ada halangan di depan yang kemungkinan dapat membuat kendaraan terlibat kecelakaan. Perhatikan juga sudut pandang yang luas sehingga pengemudi dapat melakukan manuver tanpa terhalang apapun.

“Kedua adalah selalu menyediakan ruang untuk menghindar. Pengemudi siap dengan segala kemungkinan,” kata dia.

Ini berkaitan dengan jarak aman antar kendaraan di jalan raya. Selalu beri ruang untuk kendaraan menghindar bila ada kendaraan di depan yang mengalami masalah.

“Biasakan buat jarak untuk menghindar, semakin jauh semakin punya kesempatan yang lebih baik,” ucap Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com