Intip Spesifikasi AH Topper, Satu-satunya Skutik Harley-Davidson

Kompas.com - 24/07/2021, 12:42 WIB
Harley-Davidson AH Topper Dok. mc-web.jpHarley-Davidson AH Topper

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum terkenal dengan motor gede (moge), Harley-Davidson (HD) juga pernah bermain di beberapa segmen, termasuk skuter matik (skutik). Pada 1960, HD sempat memasarkan AH Topper.

Dikutip dari Cyclechaos.com, Sabtu (24/5/2021), HD nampaknya sudah memprediksi akan adanya tren skutik di masa depan. Untuk itu, HD mengakuisisi AeronauticaMacchi S.P.A. untuk memproduksi motor berkapasitas kecil, termasuk Shortster dan Sprint.

Baca juga: Siapa Bilang Moge Harley-Davidson Tidak Bisa Diajak Balapan

Topper dipasarkan di Amerika dengan merek Harley-Davidson. Di saat skuter pabrikan Eropa menggunakan baja, bodi pada Topper terbuat dari fiberglass.

Harley-Davidson AH TopperDok. Carscoops.com Harley-Davidson AH Topper

Meski demikian, Topper kurang berhasil mencuri popularitas Vespa dan Lambretta. Penjualannya jauh dari yang diperkirakan. Jumlah produksinya dalam periode empat tahun hanya mencapai kurang dari 3.800 unit.

Kabarnya, unit yang terdeteksi sekarang ini hanya sekitar 100 unit saja. Maka itu, unitnya sekarang bisa dikatakan sangat langka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Harley-Davidson Sportster S Meluncur, Lebih Bertenaga dan Berotot

Uniknya, HD menawarkan boks penyimpanan untuk barang-barang dan sespan untuk boncengan. Mulai 1960 hingga 1965, HD membangun Topper Motor Scooters, dan itu satu-satunya perusahaan skuter yang dibangun oleh HD.

Harley-Davidson AH TopperDok. Carscoops.com Harley-Davidson AH Topper

Untuk spesifikasi mesinnya, Topper dibekali dengan mesin 2-tak berkapasitas 165 cc. Motor ini menggunakan V-belt, tapi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda tetap menggunakan rantai.

Tenaga yang dihasilkan hanya 9 tk dengan top speed mencapai 74 km/jam. Ban yang digunakan memiliki diameter yang cukup besar dibanding skuter lain pada masa itu, yakni ring 12.

Harley-Davidson AH TopperDok. Carscoops.com Harley-Davidson AH Topper

Cara menghidupkan mesinnya tidak menggunakan kick starter, apalagi electric starter. Penggunanya harus menarik tali seperti menghidupkan mesin kompresor atau mesin potong rumput.

Sistem pengeremannya juga berbeda, tuas rem depan ada di setang sebelah kiri. Sedangkan rem belakang, menggunakan pedal. Setang sebelah kiri hanya untuk tuas gas saja.

Harley-Davidson AH TopperDok. Carscoops.com Harley-Davidson AH Topper

Beberapa permasalahan yang kerap muncul pada motor ini adalah overheating dan v-belt yang selip.

HD Topper saat ini harganya dapat mencapai 7.000 dolar Amerika atau sekitar Rp 101 jutaan, dengan kondisi yang sudah direstorasi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.