Polisi Siapkan 1.038 Titik Penyekatan buat Jaga Libur Idul Adha

Kompas.com - 18/07/2021, 08:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri menyiapkan sedikitnya 1.038 titik penyekatan mobilitas di berbagai wilayah Indonesia jelang hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Langkah tersebut pula sesuai dengan aturan dan imbauan pemerintah dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali yang berlangsung hingga akhir Juli 2021.

Adapun penyekatan terkait, sebagaimana dikatakan oleh Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan, ialah mulai dari Lampung sampai Jawa dan Bali.

Baca juga: Ini Pentingnya Atur Tekanan Udara Ban Sepeda Motor

Penyekatan dan pembatasan mobilitas lalu lintas kendaraan di sejumlah titik lokasi jalan tol milik Jasa Marga GroupJasa Marga Penyekatan dan pembatasan mobilitas lalu lintas kendaraan di sejumlah titik lokasi jalan tol milik Jasa Marga Group

"Kita gelar untuk mengantisipasi kegiatan Idul Adha, ada 1.038 pos penyekatan PPKM darurat. Utamanya, prioritas di Lampung, Jawa, serta Bali," kata dia dalam konferensi virtual, Sabtu (17/7/2021).

Hanya saja, ia masih belum bisa menyebutkan secara rinci sebaran pos penyekatan tersebut. Tapi dipastikan, bakal tersebar di jalan tol, arteri, hingga pelabuhan.

"Misalnya dari arah Jabodetabek menuju Jawa kita lakukan mulai di KM 31 Tol Cikampek sudah ada penyekatan. Dipastikan yang melakukan perjalanan benar-benar di sektor esensial dan kritikal," kata Rudi.

Dia mengatakan polisi melakukan pemeriksaan secara ketat di pos penyekatan. Hanya orang-orang yang sesuai persyaratan boleh melintas.

Baca juga: Mobil Kelamaan Diam di Rumah, Jangan Sampai Jadi Sarang Semut dan Kecoak

Berikut jumlah pos penyekatan di tiap daerah jelang Idul Adha 2021:

Lampung: 21 lokasi
Banten: 21 lokasi
DKI Jakarta: 100 lokasi
Jawa Barat: 353 lokasi
DIY: 23 lokasi
Jawa Tengah: 271
Jawa Timur: 208 lokasi
Bali: 41

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.