Sering Disepelekan, ini Fungsi Karet Hitam di Bagian Bawah CVT Skutik

Kompas.com - 15/07/2021, 17:01 WIB
Fungsi karet hitam di bagian bawah CVT skutik Kompas.com/DonnyFungsi karet hitam di bagian bawah CVT skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang memilih untuk menggunakan skuter matik (skutik) karena dinilai praktis. Namun, tak banyak yang benar-benar mengenali komponen pada motornya.

Salah satunya yang sering disepelekan adalah karet hitam yang terletak di bagian bawah CVT skutik. Karet ini sebenarnya memiliki fungsi yang cukup penting.

Baca juga: Cek Komponen Ini jika Ada Rembesan Oli pada CVT Motor Matik

Kepala Bengkel AHASS Cibinong dan Megamendung Asep Suherman, mengatakan, karet hitam tersebut fungsinya hanya sebagai lubang pernapasan untuk CVT.

Fungsi karet hitam di bagian bawah CVT skutikKompas.com/Donny Fungsi karet hitam di bagian bawah CVT skutik

"Fungsinya karet tersebut juga untuk menahan air masuk ke bagian CVT di saat melewati genangan air," ujar Asep, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Asep menambahkan, saat mesin dihidupkan, apalagi pada saat putaran tinggi, maka angin yang dihasilkan oleh putaran CVT akan keluar bersamaan kotoran atau debu dari CVT.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jangan Asal Melubangi Mangkok CVT pada Motor Matik

"Sebenarnya, itu tidak rapat di ujungnya. Ujungnya sobek, tapi berbentuk pipih. Jadi, bisa terbuka saat ada tekanan angin dari dalam CVT," kata Asep.

Agar lubang hawa pernapasan ini tetap dapat bekerja secara optimal, maka penting untuk dilakukan pemeriksaan dan pembersihan secara rutin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X