Kompas.com - 08/07/2021, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ciri yang membedakan helm buat adventure dan helm motorcross ialah visor. Helm adventure pakai visor, sedangkan buat motocross tidak, karena biasanya dilengkapi dengan goggle atau kacamata khusus.

Ahmad M dari komunitas pencinta helm Belajar Helm mengatakan, helm adventure memakai visor karena tujuannya ialah berkendara jauh melintasi berbagai kondisi jalan.

Baca juga: N7X, Calon Mobil Baru Honda Tiba di Makassar

"Biar tidak kena debu, kerikil, dan air saat perjalanan. Kelemahannya kalau ventilasinya tidak bekerja dengan baik malah susah napas dan berembun kalau tidak pake antifog," kata Ahmad kepada Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

KTM 250 Adventure Foto: Motorbeam KTM 250 Adventure

Adapun helm motocross tidak memakai visor, tetapi menggunakan kacamata besar atau biasa disebut goggle yang bisa dilepas pasang sesuai keperluan.

"Kalau kita main motocross, apalagi sampai terbang-terbang pasti ada tanah yang masuk dari bawah dagu. Walau ada pengikat helm, ada saja kotoran yang masuk," katanya.

"Kalau pakai goggle lebih mudah dibersihkan. Selain itu, tidak bakal kena mata karena kacamatanya menempel kulit seperti kacamata renang," kata Ahmad.

Baca juga: Adu Fitur Renault Kiger dan Toyota Raize, Siapa Lebih Canggih?

Meski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocrossIstimewa Meski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocross

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky mengatakan, helm motocross tidak memakai visor agar napas lebih lega karena butuh oksigen yang banyak.

“Saat off road, kinerja fisik lebih dipacu dan membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor," katanya.

"Selain itu, goggles ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.