Protokol Ketat Pada Balap Seri Kedua ISSOM 2021, Wajib GeNose

Kompas.com - 13/06/2021, 18:01 WIB

BOGOR, KOMPAS.comSeri kedua Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2021 digelar pada Minggu (13/6/2021). Pada seri balapan kali ini, ada 10 grup yang dilombakan, mulai dari Honda Jazz Brio Speed Challeng sampai Kejurnas ITCR MAX.

Berbeda dengan seri pertama, protokol kesehatan di Sirkuit Sentul semakin ketat. Misalnya saja semua orang yang mau masuk ke area, harus melakukan tes GeNose yang disiapkan panitia.

Lola Moenek, General Manager Sentul International Circuit mengatakan, ada beberapa perbedaan protokol yang dilakukan jika dibanding seri pertama dan yang kedua. Misalnya saat seri pertama, peserta wajib Swab, sedangkan sekarang memakai GeNose.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Semarang, Dapat Starlet sampai BMW

Honda Jazz Speed ChallengeKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Honda Jazz Speed Challenge

“Ternyata dari Swab Antigen itu banyak yang keberatan, karena sakit. Jadi sekarang, semua yang ada di area Sirkuit Sentul harus di-GeNose dan wajib memakai masker,” ucap Lola kepada Kompas.com di Bogor, Minggu (13/6/2021).

Selain itu, jika sudah membawa hasil tes yang dilakukan sendiri, baik Antigen, tetap harus melewati tes GeNose di Sirkuit. Lola mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya surat Antigen palsu.

“GeNose ini akan kita lakukan untuk masuk ke Sirkuit Sentul untuk event apapun, baik event balap motor atau mobil, drag race, dan lainnya,” kata Lola.

Baca juga: PPnBM 0 Persen Akhirnya Diperpanjang Sampai Agustus 2021

Lola mengatakan, mulai hari Jumat sampai hari ini, tidak ada yang positif hasil GeNosenya. Selain itu, jika ada, tim sudah menyediakan juga tes Swab. Kemudian jika hasilnya tetap positif, harus dipulangkan dan tidak boleh memasuki kawasan Sentul.

Adanya protokol ini juga demi meningkatkan kepercayaan para pebalap untuk balapan. Karena selain pebalap, dan kru yang harus melewati tes GeNose, balapan kali ini masih tidak dihadiri oleh penonton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.