Penggolongan SIM C Dibuat Berdasarkan Besaran Kubikasi Motor

Kompas.com - 09/06/2021, 07:12 WIB
Yovie Megnanda Santosa, Panglima Komunitas Bikers Harly Davidson, Road Glide Owner Group (RGOG) j (tengah) dengan motor gede Harley Davidsonya. mengklarifikasi jika melanggar larangan ke kawawan wisata saat penyekatan antisipasi penyebaran covid-19 di NTB. Dia berdalih hanya melakukan tes rute di kawasan Sekotong hingga Kuta Lombok. dok RGOGYovie Megnanda Santosa, Panglima Komunitas Bikers Harly Davidson, Road Glide Owner Group (RGOG) j (tengah) dengan motor gede Harley Davidsonya. mengklarifikasi jika melanggar larangan ke kawawan wisata saat penyekatan antisipasi penyebaran covid-19 di NTB. Dia berdalih hanya melakukan tes rute di kawasan Sekotong hingga Kuta Lombok.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengendara motor di Indonesia tentu wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Adanya SIM ini sebagai tanda bahwa pemiliknya sudah kompeten untuk mengendarai kendaraan di jalan raya.

Saat ini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merilis Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan SIM. Dalam perpol baru tersebut, SIM untuk mengendarai motor kini dibagi menjadi tiga golongan, SIM C, CI, dan CII.

Berdasarkan Pasal 3 Ayat 2, SIM C berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc.

Baca juga: Tanggapan Ducati Indonesia soal Streetfighter V4S yang Ditilang

Dua sepeda motor Harley Davidson ini ditilang dan diamankan di Mapolrestabes Medan karena pengendaranya tak dapat menunjukkan dokumen yang sah. Keduanya ditilang saat melintas di simpang Jalan Jati, Medan pada Kamis (31/12/2020).KOMPAS.COM/DEWANTORO Dua sepeda motor Harley Davidson ini ditilang dan diamankan di Mapolrestabes Medan karena pengendaranya tak dapat menunjukkan dokumen yang sah. Keduanya ditilang saat melintas di simpang Jalan Jati, Medan pada Kamis (31/12/2020).

Sedangkan SIM CI, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc sampai dengan 500 cc atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian untuk SIM CII, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Baca juga: Dapat Diskon PPnBM 50 Persen, Ini Harga Toyota Rush di Solo Juni 2021

Hal ini tentu menjadi hal yang baru, karena selama ini, pemilik cukup menggunakan SIM C berapapun kapasitas silinder mesinnya. Untuk meningkatkan SIM C, harus berdasarkan waktu.

Misalnya, untuk memohon kenaikan golongan ke CI, pemilik harus lebih dahulu sudah memiliki SIM C selama 12 bulan sejak diterbitkan. Begitu pun bila ingin naik dari SIM CI ke SIM CII.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X