Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Rebahkan Jok Mobil hingga Terlihat seperti Kasur

Kompas.com - 05/06/2021, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan seorang pemuda yang mengubah jok mobilnya hingga menyerupai sebuah kasur.

Rekaman berdurasi 39 detik tersebut viral setelah diunggah oleh akun Tiktok bernama alfitra_19.

Dalam video tersebut terlihat seorang pemuda memberikan tutorial untuk merebahkan jok sehingga posisinya benar-benar seperti kasur.

Caranya cukup mudah, pemilik mobil hanya perlu mencopot headrest pada jok depan, kemudian rebahkan jok ke belakang sesuai selera.

Baca juga: Ini Harga Skutik 150cc Honda di Surabaya Awal Juni 2021

@alfitra_19

buatt kalian yg belum tauuu, cobain aja #LoveMumsSmile #lifehack #fyp?

? DJ Gratatata - Kocizi

 

Menanggapi video tersebut, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, memang ada beberapa mobil yang didesain seperti itu. Diketahui mobil tersebut merupakan Toyota Rush Facelift lansiran tahun 2015.

“Tetapi tidak semua, melihat dari luas kabin kendaraan, desain jok, dan sebagainya. Biasanya mobil yang dirancang seperti itu tertera di dalam pedoman pemilik kendaraan, karena dilihat dulu fungsinya untuk apa,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Harga Honda CR-V di Jawa Tengah Setelah PPnBM 50 Persen

Sementara itu, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menambahkan, secara teknik hal tersebut memang bisa dilakukan, tetapi ada dampak buruknya.

“Kalau dilihat dari video tersebut, memang bisa dilakukan. Namun, perlu dicatat, jok depan tidak diperuntukkan rebahan, karena engsel jok hanya untuk menahan punggung saat bersandar, bukan menahan beban full body,” kata dia.

Didi dan Bambang menyarankan, sebaiknya jok mobil digunakan sesuai peruntukannya.

Sebab, jika tak sesuai peruntukannya, komponen tersebut bisa mengalami kerusakan dan biaya perbaikannya pun cukup mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com