Viral, Video Rebahkan Jok Mobil hingga Terlihat seperti Kasur

Kompas.com - 05/06/2021, 08:42 WIB
Jok berdesain Pinto Aceh istJok berdesain Pinto Aceh

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan seorang pemuda yang mengubah jok mobilnya hingga menyerupai sebuah kasur.

Rekaman berdurasi 39 detik tersebut viral setelah diunggah oleh akun Tiktok bernama alfitra_19.

Dalam video tersebut terlihat seorang pemuda memberikan tutorial untuk merebahkan jok sehingga posisinya benar-benar seperti kasur.

Caranya cukup mudah, pemilik mobil hanya perlu mencopot headrest pada jok depan, kemudian rebahkan jok ke belakang sesuai selera.

Baca juga: Ini Harga Skutik 150cc Honda di Surabaya Awal Juni 2021

@alfitra_19

buatt kalian yg belum tauuu, cobain aja #LoveMumsSmile #lifehack #fyp?

? DJ Gratatata - Kocizi

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menanggapi video tersebut, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, memang ada beberapa mobil yang didesain seperti itu. Diketahui mobil tersebut merupakan Toyota Rush Facelift lansiran tahun 2015.

“Tetapi tidak semua, melihat dari luas kabin kendaraan, desain jok, dan sebagainya. Biasanya mobil yang dirancang seperti itu tertera di dalam pedoman pemilik kendaraan, karena dilihat dulu fungsinya untuk apa,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Harga Honda CR-V di Jawa Tengah Setelah PPnBM 50 Persen

Sementara itu, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menambahkan, secara teknik hal tersebut memang bisa dilakukan, tetapi ada dampak buruknya.

“Kalau dilihat dari video tersebut, memang bisa dilakukan. Namun, perlu dicatat, jok depan tidak diperuntukkan rebahan, karena engsel jok hanya untuk menahan punggung saat bersandar, bukan menahan beban full body,” kata dia.

Didi dan Bambang menyarankan, sebaiknya jok mobil digunakan sesuai peruntukannya.

Sebab, jika tak sesuai peruntukannya, komponen tersebut bisa mengalami kerusakan dan biaya perbaikannya pun cukup mahal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X