Kerap Disepelekan, Kernet Truk Punya Tugas Penting

Kompas.com - 02/06/2021, 14:41 WIB
Ilustrasi truk ODOL di jalan tol. KOMPAS.com/STANLY RAVELIlustrasi truk ODOL di jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan truk merupakan tugas berat yang dilakukan pengemudi. Dimensi truk yang besar dan memiliki banyak area blind spot membuat pengemudi butuh pendamping, atau biasa disebut dengan kernet.

Kerja kernet tidak bisa diesepelekan, bukan hanya sekadar menemani pengemudi truk melakukan pekerjaannya. Hadirnya kernet bahkan bisa mengurangi risiko kecelakaan truk di jalan raya.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY Bambang Widjanarko mengatakan, tugas kernet itu sangat penting pada truk, ada beberapa tugas yang dimiliki kernet.

Baca juga: Ini Tarif Resmi Jasa Derek Mobil di Jalan Tol

Tekanan udara ban truktruckmagz.com Tekanan udara ban truk

“Pertama untuk memrkirkan, lalu mencuci dan merawat truk. Merawat truk misalnya mengecek oli, tekanan udara ban dan sebagainya. Lalu menghitung barang yang akan dimuat, itu tanggung jawab kernet,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Rabu (2/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun kembali lagi, pemilihan mau ada kernet atau tidak ada di tangan pengemudi. Kadang ada saja pengemudi yang merasa bisa melakukan semuanya sendiri, jadi tidak butuh bantuan kernet.

“Namun itu juga bisa menjadi penyebab maraknya kasus begal sekarang, karena pengemudi truk hanya sendirian,” kata Bambang.

Baca juga: Melihat Harga Mitsubishi Xpander Bekas Pasca Lebaran

Selain itu, menurut Bambang, kernet juga berpengaruh secara tidak langsung kepada tingkat kecelakaan.

Tidak adanya kernet membuat pengemudi kelelahan karena mengurus segala persiapan truk sebelum beroperasi.

“Biasanya yang ideal, ketika mengangkut barang, sopirnya tidur, kernetnya menghitung barang. Nanti selesai menghitung, kernet mengecek kondisi truk lalu membangunkan sopir buat berangkat,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.