Mengenal Beragam Model Bus Besar AKAP di Indonesia

Kompas.com - 29/05/2021, 13:22 WIB
Double decker tentrem instagram/karoseritentremDouble decker tentrem

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) masih menjadi pilihan sebagian orang untuk pergi ke luar kota. Bahkan seiring berkembangnya zaman, bus AKAP kini semakin beragam modelnya.

Bus besar secara regulasi terbagi menjadi tiga, ada bus besar dengan panjang 12 meter, lalu ada bus maxi dengan panjang maksimal 12 meter - 13,5 meter dan bus tingkat yang punya panjang 13,5 meter.

Namun, ada berbagai model bodi yang termasuk dalam kategori tersebut, biasanya berbeda dalam tingginya. Secara umum, model bus terbagi menjadi High Deck (HD), Super High Deck (SHD), Ulyra High Deck (UHD), Suites Class dan Double Decker.

Baca juga: Begini Sikap yang Benar Ketika Menemukan Kendaraan Lawan Arah

Bus AKAP baru PO Tjipto G.Minstagram/karoseritentrem Bus AKAP baru PO Tjipto G.M

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, untuk bodi HD memiliki tinggi 3,7 meter. Bagasinya juga cukup luas, bisa tembus kanan dan kiri di atas sasisnya. Model HD juga tersedia dalam bentuk bagasi yang tembus tanpa ada sasis, atau biasa disebut dengan space frame.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya karoseri membuat varian tersendiri untuk model dengan space frame. Misalnya seperti Jetbus 3+ HDD dan MHD (space frame) buatan Adiputro, Legacy SR2 HD Prime dan Transporter (space frame) dari Laksana dan Avante H7 dan H8 (space frame) dari Tentrem.

“Sedangkan kalau SHD atau Extra HD, dimensinya lebih tinggi dari bodi bus HD biasa, sekitar 3,8 meter sampai 3,9 meter. Biasanya di atas rumah roda ada bagasi kecil dan bagasinya juga ekstra luas,” kata Dimas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Harga Bikin Bus Baru di Karoseri, Mulai Rp 400 Juta

Kemudian untuk tipe UHD, bisa juga disebut dengan low drive. Hal ini dikarenakan posisi pengemudi yang ada di dek bawah, sedangkan semua penumpang berada di dek atas. Bagasinya juga paling luas dibanding model lainnya.

“Kalau UHD penampakannya seperti double decker, tapi hanya ada satu baris kaca jendela saja untuk dek atas. Sedangkan yang bawah hanya kabin pengemudi dan bagasi yang lebih besar lagi daripada SHD,” ucapnya.

Saat ini sudah ada dua karoseri yang punya bodi UHD, ada Adiputro dengan Jetbus 3+ UHD dan Tentrem dengan model Avante D1 yang belum dirilis. Untuk bodi ini, sasis yang digunakan harus model tronton atau triple axle.

Bus AKAP baru PO Sinar Jaya Dream Coachinstagram/adiputro_official Bus AKAP baru PO Sinar Jaya Dream Coach

“Kalau Double Decker, pastinya bus sangat tinggi, sekitar 4 meter. Penampakan sampingnya, ada dua tingkat kaca, karena di dalamnya ada dua dek lantai untuk penumpang,” kata dia.

Terakhir ada Suites Class atau bus semi sleeper, ketinggian bodinya sama seperti bus HD biasa. Ada dua kaca tingkat seperti bus double decker karena di kabinnya ada dua tingkat tempat duduk semi sleeper.

Saat ini sudah ada dua karoseri yang punya bodi suites class ini, pertama ada Laksana dan yang baru rilis yaitu Adiputro dengan model Dream Coach. Selain itu, ada juga varian baru dari karoseri Tentrem dengan konsep serupa namun masih belum resmi dirilis.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X