Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Parkir yang Aman Ketika Menggunakan Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 21/05/2021, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus pengemudi salah injak pedal gas saat parkir masih sering terjadi. Kejadian seperti ini biasanya dilakukan oleh mobil dengan transmisi otomatis.

Tentu saja kejadian salah injak pedal saat parkir ini jangan sampai terjadi. Namun kadang pengemudinya yang kurang waspada ketika parkir bisa menjadi penyebab dia salah menginjak pedal.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, salah injak pedal ketika parkir menjadi kesalahan yang banyak digunakan pengemudi mobil matik.

Baca juga: Jangan Lupa, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," kata Marcell kepada kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk mengantisipasi salah injak pedal, pastikan ketika sedang parkir, posisikan kaki di pedal rem. Kalau memang harus menginjak gas, lakukan dengan halus dan perlahan.

Selain salah injak pedal gas, yang harus diperhatikan saat parkir adalah ruangnya harus clear. Jadi sebelum memarkirkan mobil, pastikan tidak ada halangan di tempat parkir yang akan dituju.

Baca juga: Berbahaya, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi di Jalan Tol

Kemudian ketika parkir mundur, gunakan teknologi yang sudah ada pada mobil, misalnya seperti sensor parkir dan kamera mundur. Jangan hanya mengandalkan spion yang tentunya tetap memiliki blind spot.

"Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan jika menggunakan sedan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur," ucap Marcell.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com