Banyak Orang Menyeberang Jalan Meleng, Pengendara Motor Mesti Waspada

Kompas.com - 12/05/2021, 10:22 WIB
Pemotor tabrak penyeberang jalan Foto: Tangkapan layarPemotor tabrak penyeberang jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor yang bersenggolan dengan orang yang sedang menyeberang jalan.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz4, penyeberang jalan tidak melihat alias "meleng." Sampai akhirnya tertabrak menabrak motor.

Baca juga: Pengendara Motor Hajar Polisi Tidur, Pembonceng Mental ke Aspal

Meski tidak ada kecelakaan serius sebab motornya juga berjalan pelan, tapi hal ini cukup banyak ditemui di kejadian sehari-hari. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Menyikapi kejadian tersebut, pengendara wajib berhati-hati. Selain itu melakukan teknik dan cara yang benar saat mengerem agar tidak celakan atau mencelakai diri sendiri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, hindari mengerem mendadak.

“Ada kecenderungan saat mengerem secara mendadak dapat membuat pengendara di belakang kaget,” ucap Jusri, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Selain itu mengerem terlalu dalam dan tiba-tiba dapat membuat motor tergelincir, terutama buat motor yang tidak dilengkapi rem ABS,” katanya.

Baca juga: Lebaran Layanan Uji Kir Libur, Buka Lagi 17 Mei 2021

Kondisi sepeda motor jenis sport yang menabrak penyebrang jalan di kawasan Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (24/12/2019) hingga tewas.Istimewa Kondisi sepeda motor jenis sport yang menabrak penyebrang jalan di kawasan Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (24/12/2019) hingga tewas.

Jusri menambahkan, salah satu kunci mengerem adalah dengan menggunakan rem depan dan belakang secara seimbang.

“Kalau bisa pengereman jangan bertumpu pada satu sisi saja. Pakai rem depan dan belakang bersamaan, tekan secara perlahan,” ujar Jusri.

Menurutnya, pengendara yang hanya menggunakan rem depan dapat membuat motor melintir. Sementara jika hanya menggunakan rem belakang, motor bisa sliding.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X