Modifikasi Kabin Mobil Saat Pandemi, Peminat Sekat Terus Berkurang

Kompas.com - 08/05/2021, 10:42 WIB
Sekat kabin kendaraan DOK. BAZESekat kabin kendaraan

BOGOR, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Saat awal pandemi, berbagai inovasi pada kabin kendaraan diciptakan, salah satunya adalah sekat yang memisahkan ruang pengemudi dan penumpang pada mobil pribadi.

Sekat ini juga beragam, bisa untuk berbagai jenis mobil, mulai dari LMPV, MPV Premium, SUV Medium, sampai SUV besar. Selain itu fiturnya juga beragam, ada yang sekadar akrilik pemisah, ada juga yang menyertakan TV LED raksasa.

Lalu bagaimana trennya saat ini? Apakah permintaan sekat mobil ini masih ada ketika pandemi sudah berjalan lebih dari satu tahun?

Baca juga: Catat, Ini 8 Titik Penyekatan Jalur Mudik di Depok

Ambulans buatan BazeDOK. BAZE Ambulans buatan Baze

PT Bahana Selaras (Baze) juga sempat mengikuti tren ini pada masa pandemi. Namun, saat ini permintaan sekat kendaraan sudah jauh berkurang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sekat memang tahun lalu sempat ngetren, tapi ya cuma musiman. Karena sekat seperti itu sederhana dan membuat pengemudi enggak nyaman,” ucap bari kepada Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Dahulu di Baze bisa belasan unit mobil memasang sekat dalam satu bulan. Bari mengatakan, mungkin kalau sekarang orang sudah enggak terlalu khawatir dengan Covid-19 karena sudah ada vaksin.

Baca juga: Angkat Wiper Saat Parkir Bisa Bikin Awet Karet Penyeka Kaca

Ambulans buatan BazeDOK. BAZE Ambulans buatan Baze

Selain membuat sekat untuk di kabin mobil, Baze juga membuat interior dari sebuah ambulans. Mulai dari lay out, sampai menyiapkan alat-alat yang ada di dalamnya.

“Kalau ambulans terus terang masih ada saja ya pesanannya. Karena semenjak Covid-19, kebutuhan ambulans masih tinggi,” kata Bari.

Baze sendiri sejak tahun 2017 sudah membuat ambulans. Kalau sekarang, ambulans dari basis Toyota HiAce, HiAce Premio, serta Mercedes Benz Sprinter.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X