9 Tips Naik Motor Saat Berpuasa, Jangan Parkir Sembarangan

Kompas.com - 14/04/2021, 17:41 WIB
Yamaha Nmax Foto: YamahaYamaha Nmax
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kondisi badan saat berpuasa merupakan keharusan. Aktivitas lainnya juga tetap dilakukan termasuk berkendara menggunakan sepeda motor.

Hal ini perlu diperhatikan terutama di awal bulan puasa karena tubuh manusia mengalami proses adaptasi, lalu dibutuhkan fisik yang bugar dan konsentrasi di jalan.

Baca juga: Sudah Hadir Tahun Lalu, kenapa Royal Alloy baru Resmi Meluncur 2021?

Apalagi untuk orang-orang yang menempuh perjalanan dengan menggunakan motor, seperti kurir ekspedisi atau pekerja yang tinggal di derah sub urban.

Pengguna kendaraan bermotor macet di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2013). Pembenahan sarana angkutan umum mendesak dilakukan untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang tiap hari mendera Jakarta.
KOMPAS/AGUS SUSANTO Pengguna kendaraan bermotor macet di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2013). Pembenahan sarana angkutan umum mendesak dilakukan untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang tiap hari mendera Jakarta.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, saat berpuasa mesti lebih fokus dalam berkendara.

"Tetap jaga kesehatan dan selalu safety riding saat mengendarai motor. YRA memberikan beberapa tips yang dapat digunakan pengendara motor di bulan puasa ini," katanya dalam rilis resmi, Rabu (14/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bandel Lawan Arah Saat Macet, Fortuner Dipaksa Jalan Mundur

Untuk itu Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan ketika menggunakan sepeda motor saat berpuasa.

 

Sentra kuliner Nasi Kapau di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, ramai dikunjungi pembeli menjelang buka puasa hari pertama, Selasa (13/4/2021). KOMPAS.com/Ihsanuddin Sentra kuliner Nasi Kapau di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, ramai dikunjungi pembeli menjelang buka puasa hari pertama, Selasa (13/4/2021).

Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan:

1. Persiapkan makanan ringan untuk berbuka di jalan jika tiba waktunya berbuka namun pengendara motor masih berada di jalan menuju tempat tinggal.

2. Saat berkendara jarak jauh, jika fisik mulai lelah sebaiknya istirahat dahulu di area yang nyaman.

3. Di awal puasa biasanya jalan lebih padat di sore hari menjelang waktu buka puasa, jadi tetap jaga konsentrasi dan jaga jarak aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.