Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anubis Meluncur, Motor Listrik Lokal Bergaya Naked Adventure

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan motor listrik semalin beragam dan berwarna. Di tengah-tengah gempuran motor listrik tipe skuter, hadir Anubis Cruisercross dengan tipe naked bike bergaya adventure.

Anubis merupakan motor listrik yang dikembangkan oleh Baran Energy, perusahaan baterai listrik dan otomotif lokal asal Indonesia. Motor listrik ini juga dibekali dengan teknologi yang futuristik.

CEO Baran Energy Victor Wirawan, mengatakan, peluncuran Anubis ini tidak hanya untuk memenuhi tingginya minat masyarakat terhadap motor listrik. Tapi, menjadi tonggak dan mengukuhkan posisi Baran Energy sebagai produsen motor listrik.

Victor menambahkan, pemilihan nama Anubis terinspirasi dari nama dewa Mesir, yang memiliki spirit kesetiaan dan bisa menghantarkan ‘crossover’ ke tempat yang lebih baik.

“Semangat inilah yang membuat kami memilih nama Anubis untuk motor listrik kami, karena kami melihat era kendaraan bermesin bahan bakar fosil sudah akan berlalu tidak lama lagi. Kami ingin menyampaikan semangat perubahan, semangat transisi ke arah yang lebih baik, dan transisi dari mesin bakar ke motor listrik,” ujar Victor, saat sesi test ride di Sentul International Circuit, Bogor, Senin (12/4/2021).

Anubis Cruisercross dibekali dengan baterai 8,3 kWh. Tenaga yang dihasilkan mencapai 54 tk dan torsi 92 Nm.

Dengan on board charger 1,3 kW, pengisian baterai hingga penuh cukup 6,6 jam. Dalam kondisi baterai penuh, Anubis mampu menempuh jarak hingga 167 km.

Co-founder Baran Energy Ari Sigit Soeharto, mengatakan, kehadiran kendaraan listrik memang sudah masanya, mengingat semakin berkurangnya pasokan bahan bakar fosil.

“Hal itu seiring dengan tuntutan dan minat masyarakat yang semakin meningkat terhadap kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi,” kata Ari Sigit.

Anubis Cruisercross dibanderol Rp 300 juta off the road dan sementara hadir terbatas hanya 50 unit.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/13/070200415/anubis-meluncur-motor-listrik-lokal-bergaya-naked-adventure

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke