Begini Cara Agar Tidak Mudah Tertipu Saat Beli Onderdil via Online

Kompas.com - 27/03/2021, 15:02 WIB
Paket suku cadang performa tinggi dari Malossi Otomania/Setyo AdiPaket suku cadang performa tinggi dari Malossi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kemajuan teknologi, orang semakin dimudahkan dalam banyak hal. Termasuk dalam pembelian spare part atau suku cadang sepeda motor.

Sekarang ini, sudah banyak yang melakukan jual beli spare part secara online, baik melalui situs jual beli (e-commerce) atau dari grup media sosial seperti Facebook.

Baca juga: Jangan Tertipu, Begini Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu

Namun, sebagai pembeli perlu untuk tetap waspada. Sebab, tak sedikit kejadian atau kasus penipuan yang terjadi dalam jual beli secara online tersebut.

Suku cadang asli Suzuki yang tersedia lengkap di booth Suzuki PRJ Suku cadang asli Suzuki yang tersedia lengkap di booth Suzuki PRJ

Sri Mulyanto, dari Motor Tua Jakarta, mengatakan, kalau beli spare part via e-commerce lebih aman. Sebab, lebih susah bagi penipu untuk melakukan aksinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Lebih susah, karena kalau barang tidak sesuai atau tidak dikirim, kita bisa komplain. Jadi, uangnya akan ditahan oleh e-commerce tersebut," ujar Mulyanto, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Joan Mir Juara, Suzuki Kasih Diskon Seluruh Suku Cadang Resmi

Mulyanto menambahkan, untuk pembelian melalui grup di Facebook lebih rawan penipuan. Terutama untuk yang jual motor atau mesin copotan.

"Kalau pembelian selain dari e-commerce, paling benar adalah ajak video call si penjual atau gunakan jasa rekber (rekening bersama)," kata Mulyanto.

Dengan melakukan video call, kita bisa melihat apakah barang yang kita inginkan benar-benar ada. Selain itu, bisa dicek juga lebih detail, meskipun tidak begitu jelas karena kualitas video.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.