Kompas.com - 25/03/2021, 15:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Kerap ditemui di jalan motor 4-tak mengeluarkan asap putih dari knalpot. Padahal dalam kondisi normal, motor seharusnya tidak mengeluarkan asap.

Ade Rohman, Technical Service Sub Dept Head PT Daya Adicipta Motora, mengatakan, keluarnya asap putih dari knalpot terjadi karena oli ikut terbakar pada ruang bakar.

“Jika mengeluarkan asap putih artinya salah satu dari komponen mesin 4-tak ada yang sudah tidak berfungsi dengan baik,” katanya dalam keterangan resmi, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ganteng, Rendering Honda GB350 Cafe Racer

Piston yang sudah tergores dan menyebabkan oli rembes dan membasahi busi serta ruang bakar.Ghulam/Otomania Piston yang sudah tergores dan menyebabkan oli rembes dan membasahi busi serta ruang bakar.

Jika demikian, kata Ade, hal itu menandakan setidaknya ada satu dari beberapa komponen di bagian mesin yang sudah aus.

Pertama yaitu kondisi ring piston yang aus. Sebab ring piston berfungsi untuk menjaga kompresi dan juga menyapu oli di dinding silinder agar tidak masuk ke ruang bakar.

"Jika ring piston aus sudah bisa dipastikan oli akan merembes masuk ke ruang bakar. Pada saat terjadi pembakaran dan berubah menjadi asap putih yang keluar melalui knalpot," katanya.

Baca juga: Lebih Lengkap dengan 6 Varian, Berikut Daftar Harga Kia Sonet

Piston Suzuki Satria F sehabis dibersihkan.Ghulam/Otomania Piston Suzuki Satria F sehabis dibersihkan.

Selanjutnya yaitu piston, blok silinder dan paking kepala silinder. Ade mengatakan, jika kondisinya sudah aus hal ini bisa membuat oli masuk ke ruang bakar. 

"Jika paking kepala silinder mengalami keausan pasti oli di saluran pelumasan dari pompa oli menuju ke bagian atas mesin akan merembes ke ruang bakar," ujarnya.

Terakhir ialah valve guide atau bos klep dan seal. Jika aus juga akan menyebabkan oli mesin merembes masuk ke ruang bakar dan terbakar bersamaan dengan bensin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.