Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor 4-tak Ngebul Asap Putih, Cek Komponen Ini

Kompas.com - 25/03/2021, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kerap ditemui di jalan motor 4-tak mengeluarkan asap putih dari knalpot. Padahal dalam kondisi normal, motor seharusnya tidak mengeluarkan asap.

Ade Rohman, Technical Service Sub Dept Head PT Daya Adicipta Motora, mengatakan, keluarnya asap putih dari knalpot terjadi karena oli ikut terbakar pada ruang bakar.

“Jika mengeluarkan asap putih artinya salah satu dari komponen mesin 4-tak ada yang sudah tidak berfungsi dengan baik,” katanya dalam keterangan resmi, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ganteng, Rendering Honda GB350 Cafe Racer

Piston yang sudah tergores dan menyebabkan oli rembes dan membasahi busi serta ruang bakar.Ghulam/Otomania Piston yang sudah tergores dan menyebabkan oli rembes dan membasahi busi serta ruang bakar.

Jika demikian, kata Ade, hal itu menandakan setidaknya ada satu dari beberapa komponen di bagian mesin yang sudah aus.

Pertama yaitu kondisi ring piston yang aus. Sebab ring piston berfungsi untuk menjaga kompresi dan juga menyapu oli di dinding silinder agar tidak masuk ke ruang bakar.

"Jika ring piston aus sudah bisa dipastikan oli akan merembes masuk ke ruang bakar. Pada saat terjadi pembakaran dan berubah menjadi asap putih yang keluar melalui knalpot," katanya.

Baca juga: Lebih Lengkap dengan 6 Varian, Berikut Daftar Harga Kia Sonet

Piston Suzuki Satria F sehabis dibersihkan.Ghulam/Otomania Piston Suzuki Satria F sehabis dibersihkan.

Selanjutnya yaitu piston, blok silinder dan paking kepala silinder. Ade mengatakan, jika kondisinya sudah aus hal ini bisa membuat oli masuk ke ruang bakar. 

"Jika paking kepala silinder mengalami keausan pasti oli di saluran pelumasan dari pompa oli menuju ke bagian atas mesin akan merembes ke ruang bakar," ujarnya.

Terakhir ialah valve guide atau bos klep dan seal. Jika aus juga akan menyebabkan oli mesin merembes masuk ke ruang bakar dan terbakar bersamaan dengan bensin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com