Siap-siap Warga Sragen, Polres Sragen Terapkan ETLE dengan Kamera Portabel

Kompas.com - 23/03/2021, 13:01 WIB
Satlantas Polres Sragen menggunakan ETLE dengan kamera portabel Korlantas PolriSatlantas Polres Sragen menggunakan ETLE dengan kamera portabel

SOLO, KOMPAS.com - Jajaran Satlantas Polres Sragen telah siap dalam pelaksanaan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Dalam pelaksanaan ETLE, Satlantas Polres Sragen memanfaatkan kamera portabel yang terpasang pada mobil patroli dan helm polisi.

Dalam wilayah Jawa Tengah sendiri, kamera portabel tersebut diberi nama Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek).

Dengan kamera portabel tersebut, personel yang sedang berpatroli dapat merekam kejadian pelanggaran lalu lintas sebagai bukti.

Selanjutnya Polres Sragen akan mengirimkan surat konfirmasi kepada pelanggar sesuai dengan alamat yang terdaftar dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Baca juga: Catat, Ini 5 Jenis Pelanggaran Baru yang Terdeteksi Kamera Tilang Elektronik

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ETLE mobile ETLE mobile

Kasatlantas Polres Sragen AKP Ilham Syafiantoro menjelaskan, prinsipnya Kopek merupakan program inisiasi dari Ditlantas Polda Jateng.

Launching Kopek telah dilakukan serentak di Jawa Tengah pada 23 Maret bersamaan dengan launching ETLE Nasional.

"Saat ini Polres Sragen menyediakan lima kamera Kopek," kata AKP Ilham Syafiantoro dilansir dari Korlantas Polri pada Selasa (23/3/2021).

Jenis pelanggaran yang sudah pasti dapat terekam oleh Kopek adalah pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, pelanggaran marka jalan, tidak menggunakan helm, dan tidak menggunakan sabuk pengaman.

Inovasi Kopek ini diharapkan mampu menciptakan efek jera bagi pelanggar dan membangun kesadaran akan pentingnya patuh pada aturan lalu lintas di tengah masyarakat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X