Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap Warga Sragen, Polres Sragen Terapkan ETLE dengan Kamera Portabel

Kompas.com - 23/03/2021, 13:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Jajaran Satlantas Polres Sragen telah siap dalam pelaksanaan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Dalam pelaksanaan ETLE, Satlantas Polres Sragen memanfaatkan kamera portabel yang terpasang pada mobil patroli dan helm polisi.

Dalam wilayah Jawa Tengah sendiri, kamera portabel tersebut diberi nama Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek).

Dengan kamera portabel tersebut, personel yang sedang berpatroli dapat merekam kejadian pelanggaran lalu lintas sebagai bukti.

Selanjutnya Polres Sragen akan mengirimkan surat konfirmasi kepada pelanggar sesuai dengan alamat yang terdaftar dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Baca juga: Catat, Ini 5 Jenis Pelanggaran Baru yang Terdeteksi Kamera Tilang Elektronik

ETLE mobile ETLE mobile

Kasatlantas Polres Sragen AKP Ilham Syafiantoro menjelaskan, prinsipnya Kopek merupakan program inisiasi dari Ditlantas Polda Jateng.

Launching Kopek telah dilakukan serentak di Jawa Tengah pada 23 Maret bersamaan dengan launching ETLE Nasional.

"Saat ini Polres Sragen menyediakan lima kamera Kopek," kata AKP Ilham Syafiantoro dilansir dari Korlantas Polri pada Selasa (23/3/2021).

Jenis pelanggaran yang sudah pasti dapat terekam oleh Kopek adalah pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, pelanggaran marka jalan, tidak menggunakan helm, dan tidak menggunakan sabuk pengaman.

Inovasi Kopek ini diharapkan mampu menciptakan efek jera bagi pelanggar dan membangun kesadaran akan pentingnya patuh pada aturan lalu lintas di tengah masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com