Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Uji Coba Terbatas Transaksi Nirsentuh Pakai Stiker RFID

Kompas.com - 23/03/2021, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Video pemasangan stiker Radio Frequency Identification (RFID) di lampu depan mobil untuk melakukan transaksi tol tanpa henti, viral dikalangan pengguna WhatsApp.

Diketahui proses pemasangan stiker tersebut dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, kepada beberapa kendaraan milik komunitas mobil.

Menanggapi hal itu, Dwimawan Heru, Corporate Communication and Community Developemt Group Head PT Jasa Marga, membenarkan bila memang pihaknya sedang melakukan uji coba.

Baca juga: Mekanisme Transaksi Tol MLFF Nirsentuh Tanpa Berhenti

"Pemasangan stiker RFID di head lamp, memang video tersebut terjadi di wilayah Jasa Marga, di mana kami sedang melakukan uji coba terbatas Let it Flo (aplikasi touch-less transaction Single Lane Free Flow-SLFF, berbasis teknologi RFID) yang saat ini sedang dikembangkan PT Jasamarga Tollroad Operator, selaku Anak Perusahaan Jasa Marga," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/3/2021).

Tangkapan layar video yang memperlihatkan proses pemasangan stiker berbasis Radio Frequency Identification (RFID) di headlamp (lampu bagian depan kendaraan).Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tangkapan layar video yang memperlihatkan proses pemasangan stiker berbasis Radio Frequency Identification (RFID) di headlamp (lampu bagian depan kendaraan).

Heru mengatakan Jasa Marga telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi transaksi nirsentuh atau touch-less transaction di jalan tol. Bahkan sebelum dilakukannya elektronifikasi di jalan tol pada 2017 lalu.

Menurut Heru, uji coba nirsentuh ini akan terus berlangsung, dan saat ini prosesnya melalui Let It Flo.

Sementara untuk video yang viral mengenai pemasangan RFID di lampu utama, memang dilakukan lantaran uji coba tak hanya melibatkan kalangan internal, tapi juga pengguna eksternal.

Diantaranya seperti beberapa BUMN dan komunitas otomotif yang turut diajak menguji, sekaligus untuk mendapatkan berbagai masukan dalam rangka pengembangan sistem transaksi yang dilakukan Jasa Marga.

Baca juga: Jalan Tol Sering Macet, Pengelola Diminta Pertimbangkan Kenaikan Tarif

Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF) Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF)

"Meski demikian karena antusiasme publik, beberapa materi uji coba yang kami lakukan, yang sebenarnya masih terbatas sifatnya, beredar luas di kalangan publik," ucap Heru.

Heru menegaskan implementasi touch-less transaction nantinya akan ditetapkan pemerintah sebagai regulator yang memiliki kewenangan. Simultan dengan proses tersebut, Jasa Marga akan tetap meneruskan uji coba.

Baca juga: Daftar Kartu Elektronik yang Bisa buat Pembayaran Tol Trans Jawa

Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF) Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF)

"Dapat kami sampaikan, bahwa yang kami lakukan saat ini, hanya sebatas uji coba yang lingkupnya masih terbatas, dan tidak komersial," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.