Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi di Jakarta Akan Dilengkapi Kamera untuk Tilang Pelanggar Lalu Lintas

Kompas.com - 21/03/2021, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya resmi meluncurkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile, atau tilang elektronik berjalan yang akan digunakan petugas kepolisian, Sabtu (20/3/2021).

Ini merupakan pengembangan dari ETLE statis yang sudah terpasang dibeberapa sudut jalan yang ada di Jakarta. Bedanya, ETLE mobile ini, akan disematkan di seragam petugas (body cam), helm (helmet cam), dan dashboard mobil.

Baca juga: Tiga Jenis ETLE Mobile yang Siap Buru Pelanggar Lalu Lintas

“ETLE mobile akan kami tempatkan pada kendaraan-kendaraan patroli yang rawan pelanggaran lalu lintas, namun di situ belum ada ETLE statis. Terdiri dari helmet cam, body cam, dash cam, dan drone cam,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dikutip dari NTMC, Sabtu (20/3/2021).

Menurut Sambodo, keberadaan kamera yang melekat pada kendaraan hingga seragam petugas ini akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di lapangan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menyediakan alat komunikasi berteknologi tinggi bagi anggota yang bertugas di lapangan. Kamera portabel itu biasa disebut body camera. Dokumentasi Polda Metro Jaya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menyediakan alat komunikasi berteknologi tinggi bagi anggota yang bertugas di lapangan. Kamera portabel itu biasa disebut body camera.

“Jadi kalau dia bisa menemukan pelanggaran, dia tinggal pasang dan nyala. Sehingga, apa pun yang terjadi di depannya akan terekam. Bahkan teknologi terbaru apa yang terekam di body cam ini bisa terpantau di TMC,” katanya.

Selain ETLE mobile, Polda Metro Jaya tetap mengandalkan ETLE statis yang terpasang di sejumlah ruas jalan Jakarta.

“Di 2021 kami tambahkan 41 kamera. Kemudian tahap 5, kami sedang ajukan ke Pemprov DKI 60 kamera. Sehingga kalau ini disetujui, semua total di akhir tahun 2021 kita lengkap 150 kamera ETLE di seluruh Jakarta dan 30 ETLE mobile,” kata Sambodo.

Baca juga: Tilang Elektronik Berjalan Resmi Meluncur

Sejauh ini, sudah ada 16 kamera terpasang di jalur arteri,10 kamera yang berada di koridor Trans Jakarta, dan di jalan tol sudah terpasang di 7 titik.

“Jadi kalau semakin banyak, tidak perlu lagi kejadian seperti anggota berantem berdebat dengan jalur Busway, silakan aja. Tahu-tahu, tilangnya sudah dapat dikirimkan,” ucap Sambodo.

Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.Aprillio Akbar Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

Sementara itu, untuk jenis ETLE statis Polda Metro Jaya telah mengoperasikan 4 jenis kamera, yakni speed cam, check point cam, weight in motion, dan e-police.

“Speed cam dan weigh in motion adalah teknologi terbaru di mana sekarang kita sudah bisa menindak terhadap pelanggaran jasa penindakan. Dan juga sedang dicoba untuk menindak kendaraan yang overload dan over dimention. Yang ini dipasang di jalan tol,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com