Kompas.com - 19/03/2021, 14:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan recall atau penarikan beberapa produknya di Indonesia, salah satunya adalah Toyota Avanza.

Recall yang dilakukan Toyota, tidak berbeda kasusnya dengan Daihatsu, yakni terkait fuel pump. Masalah ini pun sebenarnya sudah berjalan sejak Juli 2020 pada beberapa jajaran produknya.

Baca juga: Toyota Recall 10 Model di Indonesia, dari Avanza sampai Alphard

“Pada intinya masalah ada di fuel pump yaitu impeller atau baling-balingnya berpotensi berubah bentuk seiring pemakaian sehingga menggangu kinerja pompa yang menyebabkan pasokan bensin ke mesin berkurang tekanannya. Jadi mesin akan mendeteksi masalah ini,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi (19/3/2021).

Menurut Didi, salah satu ciri fuel pump bermasalah adalah mesin mati secara mendadak padahal sistem kelistrikan berfungsi dengan normal.

Suasana bengkel Toyota.TAM Suasana bengkel Toyota.

“Karena fungsinya memompa bensin dari tangki ke mesin, bisa jadi tekanannya berkurang, sehingga pasokan bensin ke mesin berkurang. Biasanya ditandai dengan adanya lampu peringatan menyala di panel instrumen. Kemudian saat akselerasi mesin terasa tersendat hingga tidak dapat dihidupkan,” lanjut Didi.

Baca juga: Toyota Avanza Kena Recall, Ini Tanggapan Komunitas

Didi melanjutkan, apabila hal ini dialami oleh konsumen dalam periode produksi mobil Juli 2017 - Agustus 2019, cukup memasukan nomer rangka mobilnya di website Toyota.

Bisa juga ke bengkel resmi terdekat untuk menanyakan apakah kendaraannya masuk dalam aktivitas recall atau tidak.

Bila ditemui ada masalah maka akan diganti secara gratis, sementara untuk pekerjaan diprediksi memakan waktu 2 jam sampai 4 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.