Toyota Recall 10 Model di Indonesia, dari Avanza sampai Alphard

Kompas.com - 18/03/2021, 19:11 WIB
Penampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya. DewantoroPenampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) ikut mengumumkan recall atau penarikan beberapa produknya di Indonesia, termasuk dua model yang diproduksi oleh Daihatsu, yakni Rush dan Avanza.

Henry Tanonto, Vice President Director PTA TAM mengatakan, recall dilakukan sebagai upaya bekelanjutan untuk menjamin kualitas produk, keamanan, dan keselamatan pelanggan.

"Sejalan dengan initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan," ucap Henry dalam keterangan resminya, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Daihatsu Recall 97.290 Mobil di Indonesia, Ini Rinciannya

Toyota Alphard HybridTAM Toyota Alphard Hybrid

Terkait recall yang dilakukan Toyota, kasusnya sama dengan Daihatsu, yakni terkait fuel pump. Masalah ini pun sebenarnya sudah berjalan sejak Juli 2020 pada beberapa jajaran produknya.

Kali ini, berdasarkan hasil pengecekan, Toyota memperluas cakupan model-modelnya yang terkena imbas recall dengan masalah fuel pump tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Recall Avanza Malaysia Berbuntut hingga ke Indonesia

Mulai dari Alphard keluaran 2017-2019, C-HR produksi 2018-2019, Corolla produksi 2019, Camry 2019, Voxy 2018-2019, Innova 2018-2019, Fortuner 2018-2019, Hilux 2019, serta Avanza dan Rush lansiran 2017-2019.

Test Drive Toyota C-HR HybridKOMPAS.com/SETYO ADI Test Drive Toyota C-HR Hybrid

Dengan kasus recall ini, Toyota kembali mengajak pemilik beberapa model yang tercantum untuk segera melakukan pengecekan. Bila ditemui ada masalah maka akan diganti secara gratis, sementara untuk pekerjaan diprediksi memakan waktu 2-4 jam.

Secara total, dengan adanya penambahan model yang tersandung masalah fuel pump, Toyota Indonesia akan melakukan recall sebanyak 286.000 unit.

Brake Booster

Tak hanya fuel pump, Toyota juta kembali mengimbau pemilik Hilux dengan produksi Juni-Desember 2018 untuk melakukan pengecekan pada komoponen brake booster. Hal tersebut disebabkan adanya potensi yang dapat menpengaruhi mekanisme kinerja proses pengereman.

Toyota Hilux yang sudah mendapat sentuhan dimodifikasi.Ghulam/KompasOtomotif Toyota Hilux yang sudah mendapat sentuhan dimodifikasi.

Bile ditemukan ada masalah, maka Toyota akan mengganti brake booster Hilux milik konsumen. Waktu pengecekan dan pengerjaan pergantian komponen ini setidaknya memakan waktu paling lama 3,5 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.