Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Ciri-ciri Kerusakan Fuel Pump pada Toyota Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan recall atau penarikan beberapa produknya di Indonesia, salah satunya adalah Toyota Avanza.

Recall yang dilakukan Toyota, tidak berbeda kasusnya dengan Daihatsu, yakni terkait fuel pump. Masalah ini pun sebenarnya sudah berjalan sejak Juli 2020 pada beberapa jajaran produknya.

“Pada intinya masalah ada di fuel pump yaitu impeller atau baling-balingnya berpotensi berubah bentuk seiring pemakaian sehingga menggangu kinerja pompa yang menyebabkan pasokan bensin ke mesin berkurang tekanannya. Jadi mesin akan mendeteksi masalah ini,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi (19/3/2021).

Menurut Didi, salah satu ciri fuel pump bermasalah adalah mesin mati secara mendadak padahal sistem kelistrikan berfungsi dengan normal.

“Karena fungsinya memompa bensin dari tangki ke mesin, bisa jadi tekanannya berkurang, sehingga pasokan bensin ke mesin berkurang. Biasanya ditandai dengan adanya lampu peringatan menyala di panel instrumen. Kemudian saat akselerasi mesin terasa tersendat hingga tidak dapat dihidupkan,” lanjut Didi.

Didi melanjutkan, apabila hal ini dialami oleh konsumen dalam periode produksi mobil Juli 2017 - Agustus 2019, cukup memasukan nomer rangka mobilnya di website Toyota.

Bisa juga ke bengkel resmi terdekat untuk menanyakan apakah kendaraannya masuk dalam aktivitas recall atau tidak.

Bila ditemui ada masalah maka akan diganti secara gratis, sementara untuk pekerjaan diprediksi memakan waktu 2 jam sampai 4 jam.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/19/145215715/begini-ciri-ciri-kerusakan-fuel-pump-pada-toyota-avanza

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke