Aksi Kaki Naik ke Setang Motor, Jangan Akrobat di Jalan Raya!

Kompas.com - 15/03/2021, 15:21 WIB
Mengendalikan motor membutuhkan keseimbangan antara kanan dan kiri. Foto: Tangkapan laya akun Instagram @agoez_bandz4 Mengendalikan motor membutuhkan keseimbangan antara kanan dan kiri.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap sepeda motor dilengkapi setang untuk pengendalian. Setang berfungsi sebagai alat pengendali sekaligus penyeimbang motor.

Meski demikian, tetap ada pengendara ingin melakukan aksi di jalan raya. Salah satunya ialah lepas tangan sampai menaruh kaki di area setang.

Seperti foto yang diunggah di akun Instagram Agoez Bandz 4. Memperlihatkan seorang pengendara mengendalikan motornya di tikungan menggunakan dua kaki di atas setang.

Baca juga: Hitung Jarak Tempuh Skuter Listrik Gesits dan United T1800

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Walau sudah mahir mengendarai motor, tapi aksi akrobat seperti itu di jalan raya sangat tidak dianjurkan dan berbahaya.

Trainer Yamaha Riding Academy, Setyo Suyarko mengatakan, mengendalikan motor membutuhkan keseimbangan antara kanan dan kiri.

Dengan tidak meletakkan tangan bukan di tempatnya saja sudah membuat motor sulit dikendalikan.

“Dari sisi keamanan tidak disarankan untuk berkendara seperti itu. Jika tangan berada di posisi yang tidak semestinya, pengendara akan lebih sulit mengendalikan motor,” katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jelang Seri Pembuka MotoGP, Quartararo Khawatir dengan Ducati

Naik motor main HPmotorplus Naik motor main HP

Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani mengatakan, postur tubuh ketika berkendara menentukan keamanan dan kenyamanan saat dalam perjalanan.

“Jika berkendara tidak berpegangan di setang dengan baik, tentu akan membahayakan pengendara itu sendiri apabila terjadi situasi darurat dalam melakukan manuver,” kata Agus.

Apalagi jika harus melakukan manuver mendadak seperti mengerem mendadak atau berpindah lajur.

“Ketika melakukan pengereman mendadak atau tiba-tiba berpindah lajur, sangat tidak disarankan untuk melepas setang kemudi baik satu maupun kedua tangan jika dalam berkendara,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.