Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aksi Kaki Naik ke Setang Motor, Jangan Akrobat di Jalan Raya!

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap sepeda motor dilengkapi setang untuk pengendalian. Setang berfungsi sebagai alat pengendali sekaligus penyeimbang motor.

Meski demikian, tetap ada pengendara ingin melakukan aksi di jalan raya. Salah satunya ialah lepas tangan sampai menaruh kaki di area setang.

Seperti foto yang diunggah di akun Instagram Agoez Bandz 4. Memperlihatkan seorang pengendara mengendalikan motornya di tikungan menggunakan dua kaki di atas setang.

Trainer Yamaha Riding Academy, Setyo Suyarko mengatakan, mengendalikan motor membutuhkan keseimbangan antara kanan dan kiri.

Dengan tidak meletakkan tangan bukan di tempatnya saja sudah membuat motor sulit dikendalikan.

“Dari sisi keamanan tidak disarankan untuk berkendara seperti itu. Jika tangan berada di posisi yang tidak semestinya, pengendara akan lebih sulit mengendalikan motor,” katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani mengatakan, postur tubuh ketika berkendara menentukan keamanan dan kenyamanan saat dalam perjalanan.

“Jika berkendara tidak berpegangan di setang dengan baik, tentu akan membahayakan pengendara itu sendiri apabila terjadi situasi darurat dalam melakukan manuver,” kata Agus.

Apalagi jika harus melakukan manuver mendadak seperti mengerem mendadak atau berpindah lajur.

“Ketika melakukan pengereman mendadak atau tiba-tiba berpindah lajur, sangat tidak disarankan untuk melepas setang kemudi baik satu maupun kedua tangan jika dalam berkendara,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/15/152100215/aksi-kaki-naik-ke-setang-motor-jangan-akrobat-di-jalan-raya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke