Rocky dan Raize Mau Meluncur, Kenapa Honda Luncurkan City Hatchback?

Kompas.com - 05/03/2021, 09:02 WIB
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019. carspiritpk.comToyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar SUV segmen A atau berukuran kecil akan semakin ramai dengan kehadiran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize dalam waktu dekat. Sebelumnya segmen ini sudah kedatangan Nissan Magnite dan Kia Sonet. Selanjutnya, Renault Kiger juga sudah direncanakan untuk meluncur.

Ramainya pasar SUV ternyata tak membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) tertarik. Alih-alih memasarkan pesaing Rocky dan Raize, Honda malah meluncurkan City Hatchback.

Seperti diketahui, segmen hatchback mulai tergerus penjualannya. Tahun lalu penjualan Low SUV sedang meningkat, selain Low MPV yang relatif stabil.

Baca juga: Honda Jazz Stop Produksi, Harga Bekasnya Bakal Naik?

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing HPM, mengatakan, perusahaan berusaha untuk mempertahankan segmen hatchback yang jadi andalan Honda di Indonesia.

Billy mengatakan, Honda memiliki reputasi yang kuat dengan model-model seperti Jazz dan Civic Hatchback RS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika digabungkan, kedua model tersebut mendominasi segmen hatchback di sepanjang tahun 2020 dengan pangsa pasar mencapai 48 persen.

Baca juga: GP Rooms, Kamar Hotel Pebalap MotoGP di Sirkuit

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

“Memang konsumsi (hatchback) tidak besar. Karena kita harus mengganti dan melakukan studi, bahwa Jazz terbaru kurang bisa diterima di pasar Indonesia,” ujar Billy, dalam konferensi virtual (3/3/2021).

“Makanya kita mengganti dengan City Hatchback ini. Walaupun memang pasarnya tidak sebesar LMPV atau LSUV. Kami tetap akan mempertahankan eksistensi kami di segmen hatchback.” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.