Bahas Desain Panther Grand Touring yang Monoton dari Tahun 2000-an

Kompas.com - 19/02/2021, 08:02 WIB
Isuzu Panther Grand Touring dan MU-X KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIIsuzu Panther Grand Touring dan MU-X

JAKARTA, KOMPAS.comIsuzu Panther resmi dihentikan produksinya di Indonesia mulai Februari 2021. Panther sendiri hadir di Indonesia sejak tahun 1991 dan melahirkan empat generasi, Panther kotak, kotak facelift, Panther kapsul dan kapsul facelift.

Multi purpose vehicle (MPV) Isuzu ini terakhir mengalami  facelift sejak masuk generasi Panther kapsul yang dirilis 2004. Sejak itu, sampai akhirnya resmi diumumkan berhenti produksi pada 2021, desainnya relatif monoton.

Kali ini Kompas.com mendapat kesempatan untuk mengetes Isuzu Panther Grand Touring tahun pembuatan 2015. Bisa dikatakan kalau generasi ini merupakan facelift terakhir dari Isuzu Indonesia sebelum pensiun.

Membahas soal desain eksteriornya, tidak banyak perbedaan dari pertama kali Panther kapsul melakukan facelift. Memiliki lampu depan dengan ukuran yang lebih besar, namun masih halogen, begitu juga lampu sein, senja dan kabut yang masih bohlam.

Baca juga: 3 Mobil Baru Honda Siap Meluncur Siang Ini di Indonesia

Isuzu Panther Grand TouringKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Isuzu Panther Grand Touring

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masih membahas bagian depan, terdapat gril besar dengan aksen krom yang memerlihatkan kesan mewah, mengingat Grand Touring merupakan varian paling tinggi. Begitu juga rumah fog lamp yang dihiasi dengan aksen krom yang melingkar.

Beralih ke fender depan, terdapat over fender yang sewarna dengan bodinya. Over fender ini menyambung, mulai dari bumper depan sampai ke bagian belakang. Kemudian ada ban yang terlihat besar padahal hanya memakai pelek 15 inci berwarna silver.

Secara tampilan dari samping, tidak banyak bahasa desain yang aneh, jadi hanya mengotak saja. Kemudian ada sentuhan krom di bagian cover spion, door handle dan add on body yang memberi kesan mewah pada varian tertinggi ini.

Baca juga: Dikuasai Sigra, Pasar Mobil Murah Anjlok 75 Persen Awal 2021

Isuzu Panther Grand TouringKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Isuzu Panther Grand Touring

Selain itu juga ada juga tambahan roof rail di tipe Grand Touring ini, sehingga bisa dipasangi roof box jika ingin menambah ruang penyimpanan barang.

Kemudian kita lihat bagian belakangnya, perubahan paling signifikan di facelift terakhir ini adalah dipindahnya ban serep jadi di kolong, bukan di pintu lagi. Walau dipindah, model bukaan pintunya tetap ke samping, bukan ke atas atau model hatch-back.

Isuzu Panther Grand TouringKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Isuzu Panther Grand Touring

Di bagian belakang ada tambahan bodi yang mengitari tempat plat nomor, memberi kesan berotot. Kemudian di varian tertinggi ini juga diberikan spoiler serta ada kamera belakang yang dipasang di sisi kiri spoler.

Memang Panther memiliki desain eksterior yang sederhana. Namun, bisa dibilang kalau kebanyakan orang di Indonesia memiliki kenangan tersendiri dengan Isuzu Panther selama hidupnya, selamat jalan Panther.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.