Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Apa Itu Sasis dan Bodi pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang paham mengenai apa itu bodi dan sasis pada mobil. Padahal, keduanya merupakan bagian yang paling penting ketika sebuah mobil dibuat.

Mengutip dari buku "Pengenalan Bodi Otomotif" karangan Buntarto, bagian mobil terbagi dalam dua kelompok besar, yaitu bodi dan sasis.

Bodi itu sendiri dibentuk sedemikian rupa dan terbuat dari bahan pelat logam yang tebalnya antara 0,6 mm-0,9 mm sebagai tempat penumpang ataupun barang.

Konstruksi bodi itu sendiri terbagi menjadi dua, yakni terpisah (composite) dan menyatu (monokok).

Jenis yang terpisah itu bodi dan rangkanya tidak menyatu, sedangkan yang menyatu antara bodi dan rangka tersusun menjadi satu kesatuan.

Sementara itu, sasis adalah bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang bodi. Pada awal perkembangan teknologi bodi dan rangka, keduanya dibuat secara terpisah, tetapi belakangan dibuat menyatu (bodi monokok) atau disebut juga integral bodi, contohnya pada sedan.

Sasis itu sendiri memiliki beberapa jenis, seperti Ladder Frame. Pengertiannya merupakan sasis yang bentuknya menyerupai tangga dan biasanya terbuat dari material baja simetris, terkadang diperkuat besi menyilang agar tetap menjaga kekuatan strukturnya.

Selanjutnya monokok, pada sasis jenis ini bodi mobil berfungsi sebagai sasis sehingga bentuknya sangat tergantung dari model mobilnya itu sendiri. Kekuatan utamanya terdapat pada lembaran baja yang disatukan.

Akhir-akhir ini mobil penumpang ringan banyak menggunakan rangka terpisah, kemudian dilas dengan bodi menjadi satu unit dan biasa disebut bodi monokok.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/31/092100015/mengenal-apa-itu-sasis-dan-bodi-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke