Daihatsu Buka Suara Perihal Peluncuran Produk Baru Tahun Ini

Kompas.com - 17/01/2021, 18:21 WIB
Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan. KOMPAS.com/GilangDaihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi penjualan mobil dalam negeri. Sejumlah pabrikan tengah menyiapkan strategi untuk menggairahkan kembali pasar otomotif, salah satunya dengan peluncuran produk baru.

Namun kehadiran produk baru harus dibarengi dengan daya beli masyarakat. Apabila daya beli menurun, maka peluncuran produk baru bisa sia-sia.

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, peluncuran produk baru tentu menjadi salah satu strategi yang akan dilakukan pihaknya pada tahun 2021.

Baca juga: Pemintaan Turun, Xenia Tak Lagi Jadi Tulang Punggung Daihatsu

Daihatsu Ayla R Deluxe AT 2020Dok. Humas Daihatsu/Rianto Prasetyo Daihatsu Ayla R Deluxe AT 2020

Untuk diketahui, pada tahun lalu Daihatsu hanya meluncurkan dua produk baru, yakni Ayla dan Sirion facelift. Itu pun sekadar penyegaran produk saja, bukan model baru.

Impact-nya (produk baru) memang belum tentu bisa menggerakkan pasar mobil,” ujar Amelia, dalam konferensi virtual (15/1/2021).

“Karena di tahun lalu begitu banyak produk-produk yang dikeluarkan, karena daya beli terdampak negatif oleh Covid-19 pasar tidak bergerak,” katanya.

Baca juga: Jadi Model Terlaris, Suzuki Luncurkan Carry Facelift Pekan Depan

Daihatsu Rocky nampakan diri di Tokyo Motor Show 2019 Daihatsu Rocky nampakan diri di Tokyo Motor Show 2019

Menurut Amelia, semua merek otomotif tentu punya perhitungan sendiri terkait peluncuran produk baru di Indonesia.

Pihaknya pun tengah mempelajari dampak kehadiran produk baru terhadap perkembangan pasar otomotif Tanah Air.

“Menurut saya pasar mobil bisa terangkat jika daya beli yang ditunjukkan oleh GDP dan sektor riil itu meningkat,” ucap Amelia.

“Kalau tidak, berapa banyak pun model baru, itu tidak akan menggerakkan pasar secara signifikan,” tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X