Rekor Andrea Dovizioso di MotoGP Sulit Dikalahkan

Kompas.com - 04/01/2021, 15:41 WIB
Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Catalunya @andreadoviziosoAndrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Catalunya

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso merupakan salah satu mantan pebalap Ducati yang paling lama. Pebalap asal Italia ini sudah memecahkan banyak rekor yang beberapa di antaranya diyakini sulit untuk dikalahkan.

Sejauh ini, Dovi masih memegang rekor top speed di kelas utama. Kecepatannya tembus 356,7 kilometer per jam di Sirkuit Mugello pada musim 2019.

Baca juga: Kenangan Rossi Duel dengan Dovi dan Crutchlow

Sayangnya, Dovi harus meninggalkan MotoGP untuk sementara. Sebab, tidak ada tim yang bisa menampungnya untuk musim 2021.

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjadi juara pada balapan MotoGP Austria 2020 di Red Bull Ring, Austria, Minggu (16/8/2020).AFP/JOE KLAMAR Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjadi juara pada balapan MotoGP Austria 2020 di Red Bull Ring, Austria, Minggu (16/8/2020).

Padahal, pebalap asal Italia ini sudah balapan sejak tahun 2002 di kelas 125 cc. Sejak 2002 hingga 2020, Dovi sekali pun belum pernah absen balapan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika dilihat datanya, Dovi hanya gagal finis. Tapi, tetap hadir untuk balapan. Tercatat, sudah 327 seri balapan yang diikutinya sejak kelas 125 cc hingga MotoGP.

Baca juga: Bos Ducati Bela Dovi Soal Penampilannya di Musim 2020

Pebalap paling jarang absen kedua dipegang oleh Valentino Rossi dengan total 230 seri berturut-turut.

Tapi, Dovi juga memegang rekor peringkat ketiga sebagai pebalap dengan jarak kemenangan terjauh antara kemenangan pertamanya dengan kemenangan terakhir, yakni 16 tahun 120 hari.

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjalani sesi latihan bebas ketiga MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, 20 Oktober 2018. AFP/MARTIN BUREAU Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjalani sesi latihan bebas ketiga MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, 20 Oktober 2018.

Peringkat kedua ditempati Loris Capirossi dengan 17 tahun 49 hari. Peringkat pertama dipegang oleh Rossi dengan 20 tahun dan 311 hari.

Dovi berhasil mengoleksi 284 poin selama karir balapnya, dengan 24 kemenangan, dan 103 podium. Di kelas utama, Dovi hanya meraih 15 kemenangan, 40 podium, selama 13 musim.

Dovi merupakan pebalap tersukses Ducati kedua, setelah Casey Stoner. Meskipun, Stoner hanya empat musim berada di Ducati.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X